tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Dropbox Web-Based File Hosting Service


Dropbox adalah sebuah aplikasi untuk menyimpan data secara online. Fungsi utama memank sama seperti harddisk internal / external, flashdisk, dan CD / DVD sebagai tempat menyimpan data kita (dokumen, gambar, video, musik, dan file - file lain) TETAPI yang membedakan Dropbox dengan media penyimpanan di atas adalah data yang kita simpan melalui aplikasi Dropbox akan otomatis tersimpan juga di server Dropbox dan kita dapat mengakses data kita yang telah kita simpan di server Dropbox melalui perangkat lain (Komputer kantor atau
Smartphone).



Nah biar ga terlalu bingung ini ada contoh gambaran jaringan Dropbox..

Yang di tengah - tengah tulisan "Dropbox.com" adalah server Dropbox, nah sedangkan home computer, school computer, dan smartphone diatas (yang kayak iphone) itu semua adalah perangkat yang bisa kita gunakan untuk mengakses file - file kita yang ada di server Dropbox. Mengakses file - file itu dapat di artikan, kita dapat menambah, copy, menghapus dan bahkan kita juga bisa rename file kita di server Dropbox layaknya kita mengakses file kita yang berada dalam harddisk komputer pribadi kita sendiri.
Contoh kasus :
Kita telah menyimpan sebuah file microsoft word dari home computer, kemudian pada saat di sekolah kita memerlukan file tersebut.. Maka kita dapat menggunakan school computer untuk mengambil file tersebut dari server Dropbox menggunakan aplikasi Dropbox ATAU melalui website Dropbox di www.dropbox.com tanpa instalasi aplikasi Dropbox (tidak lupa dengan account Dropbox kita dan school computer harus connect ke internet)

Apabila kita menggunakan FREE account, maka kita hanya di beri batas volume 2GB untuk menyimpan data - data kita di dalam server Dropbox. Tapi kalo merasa kurang besar ya bisa nambah sih menjadi 50GB atau 100GB, untuk volume extra ini kita harus bayar perbulannya..
hahahaha....
https://www.dropbox.com/pricing (biaya untuk upgrade volume)

Hmmm....
Sudah ngerti kan apa itu Dropbox dan fungsi dari Dropbox..
Pingin coba, silahkan klik link di bawah ini..

https://www.dropbox.com/ (Video tutorial menggunakan Dropbox ada di sini)
https://www.dropbox.com/help (FAQ nya)
https://www.dropbox.com/install (Download installernya FREE)
https://www.dropbox.com/register (Untuk registrasi Dropbox account FREE)
https://www.dropbox.com/anywhere (Download installer untuk smartphone FREE)

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah p...