Berbagi Internet Melalui Android Tethering & Portale Hotspot

Salah satu kelebihan sistem operasi Android adalah fasilitas untuk berbagi jaringan internet ke beberapa HP atau laptop yang mendukung jaringan WiFi alias punya perangkat WiFi di dalamnya. Nah istilah tersebut di namakan Tethering di dalam sistem operasi Android. Bisa di simpulkan bahwa Android selain mempunyai kemampuan berselancar di dunia maya menggunakan WiFi ataupun paket data, Android juga bisa menjadi Hotspot berjalan (Portable Hotspot)..
Oya perlu di ingat sebelum mencoba berbagi koneksi internet, pastikan Android nya udah mendaftarkan paket internet dari operator selular nya (Rekomendasi pake paket internet semi unlimited atau full unlimited) berjaga - jaga agar pulsa tidak bengkak karena pemakaian paket data yang besar..

Kalo udah siap dengan paket data nya, bisa langsung di coba untuk membuat Android menjadi Hotspot..
Ini langkah - langkah nya..





Penjelasan :
  1. Pilih setting
  2. Pilih Wireless and Networks
  3. Pilih Tethering and Portable Hotspot
  4. Pilih Mobile AP settings
  5. Configure Mobile AP
  6. Tahap terakhir Android akan memunculkan tabel seperti gambar di atas, untuk memberi password pada Hotspot pilih bagian security kemudian pindahkan security ke WPA2 PSK soalnya klo security OPEN berarti Hotspotnya ga ada proteksi passwordnya. Setelah security di pindah ke WPA2 PSK, langsung aja beri password untuk Hotspotnya (minimal 8 digit). Oya pada saat nulis password digit nya bisa di tampilin, centang aja show password di bagian bawah tabel. Sudah beres semua pilih Save.
Untuk menyalakan Mobile AP atau Hotspotnya, tinggal kasi centang tuh Mobile AP..
Beres dah Android nya jd Hotspot dan bisa share koneksi internet...

Comments

Popular Posts