tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Install Windows 7


Cara Install Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi yang pernah masuk kategori sitem operasi populer seblum muncul Windows 10, bagi kita yang ingin mencoba melakukan proses instalasi Windows 7 ini ga perlu keburu bingung atau merasa putus asa terlebih dahulu karena proses instalasi Windows sangatlah mudah dan sama sekali tidak membutuhkan keahlian khusus.
Secara garis besar proses instalasi Windows 7 bisa dibagi menjadi 2 tahap saja.

Berikut 2 tahap proses instalasi Windows 7 secara garis besar tersebut
  1. Setting First BOOT dari menu BIOS atau UEFI (Unified Extensible Firmware Interface)
  2. Masuk kedalam menu instalasi Windows (Melalui DVD atau Flasdisk)

Berhubung tujuan artikel ini ditulis untuk memberikan penjelasan mengenai "Cara Install Windows 7" tentunya dibawah ini akan ada penjelasan yang lebih detil supaya kita yang ingin belajar bisa dengan mudah memahami proses instalasi Windows 7
Berikut penjelasan detilnya

Cara Install Windows 7

Pada awal proses instalasi Windows, kita harus menuju BIOS atau UEFI untuk mengatur First Boot ke bagian Optical Drive (DVD ROM) atau Removeable Disk (Flashdisk). Tujuan pengaturan First Boot ini supaya pada saat laptop atau PC pertama kali di nyalakan akan membaca DVD ROM atau flashdisk terlebih dahulu sebelum membaca Harddisk, nah dengan memerintah laptop atau PC untuk membaca DVD ROM atau flashdisk yang berisi installer Windows 7 maka kita akan bisa masuk ke dalam menu instalasi Windows untuk memulai proses install. INGAT JANGAN LUPA setelah selesai mengatur first boot, masukan DVD installer Windows atau Flashdisk berisi installer Windows kemudian pilih save and reset.

Cara Install Windows 7

Setelah selesai melalui pengaturan First Boot di dalam menu BIOS atau UEFI, laptop atau PC akan meminta utk melanjutkan booting ke dalam DVD atau flashdisk yang berisi installer Windows. Pada menu utama Windows Setup ini kita hanya pilih next aja, tapi alangkah baiknya juga dibaca stiap tampilan yang keluar dilayar laptop atau PC kita biar mengerti isinya. Setelah itu kita akan memasuki menu partisi HARDDISK
"INGAT JANGAN KEBURU BINGUNG KARENA PENJELASAN DETILNYA KOQ TERASA BANYAK YA, JUSTRU SEBENARNYA SEMAKIN DETIL SEMAKIN BAGUS INFORMASI YANG DISAMPAIKAN"

Cara Install Windows 7

Nah ini penjelasan mengenai proses partisi harddisk, dalam proses ini intinya kita memilih local disk untuk install Windows 7 nya. Contoh gambar di atas sudah terbentuk partisi 65GB dan 400GB, 65GB untuk sistem operasi (dalam hal ini adalah tempat untuk install Windows 7) dan yang 400GB adalah untuk data - data (musik, video, gambar, game, dan aplikasi - aplikasi lain). Sangat disarankan membentuk minimal 2 partisi harddisk, yaitu 1 partisi untuk sistem operasi dan satunya untuk data agar dikemudian hari apabila terjadi hal - hal buruk tidak sampai resiko data - data kita ikut hilang. Kalau sudah mulai proses installing, bisa ditinggal lanjutin kegiatan lainnya karena waktu proses installing kurang lebih mamakan waktu 30 menit - 40 menit.

Semoga pada saat ingin mencoba belajar install Windows dengan panduan install dari artikel ini tidak malah membuat menjadi bingung ya.
Sekian dulu artikel mengenai "Cara Install Windows 7"Terima kasih

Baca juga artikel lainnya seputar Windows.
Penyebab Harddisk Mulai Lemot
Update Intel HD Graphic 3000

Artikel ini ditulis oleh
Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah p...