tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Format Flashdisk via CMD


Proses Pembersihan Flashdisk Melalui CMD

Pernahkah anda mengalami saat ingin menggunakan flashdisk tetapi malah removeable disk tersebut tidak terbaca atau tidak bisa berfungsi dengan normal? Mungkin media penyimpanan tersebut terkena virus atau kemungkinan kedua umur ekonomisnya sudah habis (kondisi rusak). Tapi disini kita membicarakan kondisi flashdisk yang masih belum rusak atau sebatas terkena virus dan pastinya masih ada harapan untuk memperbaikinya lagi dengan bantuan PC atau laptop menggunakan CMD (Command Promt di Windows). Trik pembersihan virus melalui CMD ini tergolong cukup ampuh untuk membuat media penyimpanan portable tersebut kembali normal seperti kondisi baru saat pertama kali kita membelinya, walaupun hasilnya juga sama - sama menghilangkan semua berkas di dalamnya tapi proses pembersihan melalui CMD ini berbeda dengan proses format melalui My Computer atau This PC (istilah di Windows 10)

Baca juga : Cara Termudah Memunculkan My Computer di Windows 10

Berikut beberapa contoh kasus permasalahan flashdisk yang terkena virus :
  • Tidak bisa terbaca dengan kabel OTG saat di hubungkan ke gadget Android.
  • Gagal menghubungkan media penyimpanan external di media player seperti dvd player atau bahkan TV LCD yang mendukung USB.
  • Kapasitas flashdisk tiba - tiba menipis walaupun hanya menyimpan sedikit file.

Berdasarkan beberapa contoh kasus diatas kita bisa mengambil kesimpulan yaitu apabila kita mengalami hal yang serupa jangan langsung menganggap bahwa flashdisk yang kita miliki sudah rusak sebelum kita memastikan kondisinya dengan mencoba pembersihan media penyimpanan external melalui CMD.

Proses Format Flashdisk via CMD

Ikutilah langkah - langkah dibawah ini untuk memulai proses pembersihan melalui CMD.
  1. Buka Command Prompt atau CMD, bisa melalui RUN kemudian ketik CMD, tekan enter
  2. Setelah membuka jendela CMD ketik diskpart, tekan enter
  3. Ketik list volume, tekan enter
  4. Setelah keluar daftar volume, lihat flashdisk berada pada volume keberapa. Dalam contoh yang saya praktekkan ini flashdisk berada pada volume 5. Flashdisk umumnya memiliki tipe removeable dan file system FAT32.
  5. Ketik select volume 5, tekan enter (angka tersebut sesuai dengan urutan flashdisk kita masing - masing dari daftar volume)
  6. Ketik clean, tekan enter
  7. Ketik create partition primary, tekan enter
  8. Ketik select partition 1, tekan enter
  9. Ketik active, tekan enter
  10. Ketik format fs=fat32, tekan enter (tunggu sampai proses selesai hingga 100%)
  11. Ketik assign, tekan enter
  12. Ketik exit, tekan enter

Langkah - langkah Format Flashdisk Melalui Command Promt

tampilan proses pembersihan media penyimpanan external melalui CMD

Setelah proses format flashdisk melalui CMD sudah selesai cobalah untuk menggunakannya seperti biasa dan seharusnya media penyimpanan tersebut sudah bisa terbaca di media player atau dengan kabel OTG juga.

Sampai disini dulu trik mengenai proses pembersihan virus di flashdisk, semoga trik ini dapat memberikan solusi penyelesaian permasalahan seputar media penyimpanan external.
Terima Kasih

Informasi tambahan mengenai kabel USB OTG, kabel USB OTG atau kabel USB On The Go adalah konektor mikro USB (Male) ke USB (Female). Kabel ini umumnya digunakan pada perangkat ponsel atau tablet yang memiliki port mikro USB dan yang memiliki fitur support OTG (TIDAK SEMUA PONSEL ATAU TABLET)

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90


No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah p...