Skip to main content

Cara Mendeteksi Konten Buatan AI

Cara Mendeteksi Konten Buatan AI

Teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan sempat membuat heboh industri SEO, ada banyak perbincangan tentang cara menggunakan AI untuk memanipulasi peringkat sebuah website di mesin pencari khususnya terutama situs yang berfokus pada konten harian.

Sebetulnya artikel yang ditulis dengan baik bisa dengan mudah meningkatkan performa SEO dengan menambahkan konten teks yang bermakna ke halaman situs mereka.

Tapi faktanya beberapa konten yang ditulis AI tool terlihat sangat bagus saat di baca, kecerdasan buatan sanggup menulis konten orisinal.


Apakah kecerdasan buatan bisa menjadi solusi untuk dunia SEO?

Menurut John Mueller Google tidak akan menyukai konten hasil dari AI tool karena bertentangan dengan pedoman Google.

Agustus dan Desember 2022 ini Google merilis pembaruan Konten Bermanfaat yang pertama dan update ini di kalim dapat menghasilkan sinyal yang digunakan oleh sistem peringkat otomatis Google untuk lebih memastikan orang melihat konten asli dan bermanfaat yang ditulis oleh orang untuk orang BUKAN konten hasil AI.

Menemukan dan menyingkirkan konten hasil penulisan oleh kecerdasan buatan adalah salah satu tujuan dari adanya pembaruan di sistem peringkat otomatis Google.

Jadi bisa kita pahami bahwa penerapan SEO menggunakan AI bukanlah sebuah solusi, karena hal tersebut bertentangan dengan aturan yang berlaku di mesin pencari raksasa Google.


Apakah konten yang ditulis AI bisa terdeteksi?

Google tetap sanggup mengetahui konten itu hasil dari AI walapun isinya terlihat bagus.

Beberapa alasan yang mendukung informasi di atas ini karena sudah ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk memeriksa artikel buatan AI atau ketikan manual manusia.

Sebetulnya kita sendiri untuk mendeteksi artikel tersebut murni buatan manusia atau AI juga bisa, tapi memerluka waktu dah usaha ekstra untuk membaca tulisan tersebut.

Berikut beberapa tools AI content detector yang bisa di coba secara gratis :


Apakah bisa melewati pendeteksi filter AI Content Detector?

Secara keseluruhan saat menjalankan pengujian, terlihat tidak terlalu sulit untuk melewati filter AI Content Detector.

Selama ada niat mengedit artikel hanya perlu beberapa menit untuk membuat teks terbaca lebih natural layaknya hasil ketikan manusia.

Tapi jangan anggap remeh kemampuan Google karena tidak ada yang mengetahui seberapa canggih alat pendeteksi AI content milik Google.


Mendeteksi tulisan hasil AI Content Generator secara manual

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencoba mengetahui konten yang ditulis AI secara manual :

  1. Perhatikan gaya bahasanya beberapa alat AI Content Generator mempunyai gaya penulisan berbeda yang mungkin terlihat oleh pembaca manusia.

    Contohnya hasil tulisan dari AI Content Generator mungkin menggunakan struktur kalimat yang tidak umum dan mereka mungkin mengulangi kata atau frasa tertentu sehingga sedikit terlihat tidak natural layaknya ide tulisan manusia.

  2. Memeriksa konten berdasarkan informasi yang valid, sistem AI mungkin tidak selalu menghasilkan informasi yang akurat atau terkini.

    Tahap ini kita harus melakukan kroscek dengan informasi serupa dari sumber lain.

  3. Menganalisa bahasa yang digunakan karena beberapa sistem AI membuat konten menggunakan bahasa yang tidak terdengar normal atau terasa kaku.

    Jadi kita manusia juga bisa melihat melalui bahasa yang ada di dalam konten, apabila terlihat aneh tidak seperti bahasa Indonesia pada umumya kemngkinan itu hasil tulisan AI.

    Biasanya ini mudah sekali terlihat dari artikel hasil AI Content Generator atau copas dari sumber yang menggunakan bahasa asing dan proses konversi bahasa dilakukan secara otomatis tanpa pengecekan ulang.

  4. Perhatikan cara penyampaian informasi di dalam artikel, apakah ditemukan makna informasi yang menggunakan perpektif diri sendiri atau pendapat pribadi.

    Menuliskan ide yang bersumber dari pemikiran sendiri itu umumnya unik terutama dari gaya bahasa dan susunan kosa kata yang digunakan.

Baca juga : Belajar SEO Blogger Blogspot


Kesimpulan

Cara memastikan artikel hasil dari AI Content Generator dengan cara manual ini memakan waktu dan energi kita, karena sudah pasti sedikit banyak harus membaca artikel tersebut dan menganalisa menggunakan wawasan pengetahuan yang kita miliki.

Tapi menurut saya pribadi justru dengan memiliki wawasan pengetahuan yang bisa digunakan untuk mengetahui kemurnian artikel bisa menjadi alternatif cara paling akurat dibandingkan dengan cara kerja alat AI Content Detector.

Sekali lagi bukannya kita manusia tidak boleh percaya cara kerja AI, tapi justru kita manusia jangan sampai serba pasrah menyerah mengikuti hasil yang keluar dari AI tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Penjual Akun dan Jasa Fake Order Marketplace Lokal Indonesia

Shopee Bisa Menonaktifkan Fitur Metode Pembayaran COD Bagi Pembeli Usil

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Belajar Teknik Optimasi SEO Blogger Blogspot

Situs Cek Nama Domain dan Akun Sosial Media

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Kurir Jasa Pengiriman Paling Aman Khusus Dropship di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Cara Ganti DNS di Windows 11 untuk Membuka Situs Terblokir