Skip to main content

Belajar Teknik Optimasi SEO Blogger Blogspot

Belajar Teknik Optimasi SEO Blogger Blogspot

Apabila kita baru saja ingin mencoba membuat sebuah halaman blog menggunakan platform Blogger milik Google, maka tidak ada salahnya kita memahami ilmu dasar mengenai SEO (Search Engine Optimization).

Mau tidak mau atau suka tidak suka ilmu SEO sangat diperlukan oleh seorang publisher atau penulis halaman blog.

Koq bisa begitu? Jawaban singkatnya adalah siapa yang tidak ingin hasil tulisannya di baca banyak orang atau bisa dengan mudah ditemukan calon pembaca melalui situs pencarian seperti Google.

Seiring berjalannya waktu dan semakin ramainya pengujung atau pembaca halaman blog tersebut juga bisa menjadi sumber pendapatan dari iklan yang terpasang.

Jadi sudah cukup jelas ya manfaat mendalami teknik SEO ini tidak hanya bisa mendatangkan calon pengunjung tapi juga bisa meningkatkan pundi - pundi finansial melalui internet.


Beberapa teknik optimasi SEO Blogger

Kata kunci bagian judul halaman dan URL

Bagian ini termasuk sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa begitu kita abaikan, karena sebagian besar robot mesin pencari selalu memulai dari awal judul hingga kemudian ke bagian isi konten.

Oleh karena itu apabila Google dengan mudah bisa menemukan konten blog, maka pada saat ada calon pengunjung yang sedang mencari informasi dengan kata kunci Google bisa memberikan informasi tersebut secara relevan sesuai kata kunci yang di ketik.

Kalau begini aturannya maka konten click bait sangat disarankan, karena pasti 100% judul dengan isi konten tidak relevan.


Isi konten sistematis dengan heading dan subheading

Konten yang sudah relevan pasti akan lebih baik lagi apabila terdapat heading dan subheading apabila memiliki pembahasan yang lebih detil.

Heading (H2) dan subheading (H3) berfungsi untuk mempermudah robot mesin pencari serta manusia sebagai pembaca dalam memahami struktur isi konten, secara default heading memiliki ukuran font lebih besar dari subheading.

Sebetulnya membuat struktur tulisan sistematis seperti ini juga tidak wajib dan konten yang kita tulis juga tetap bisa terindeks oleh Google, tapi nantinya akan tetap kalah dengan isi blog yang lebih rapi serta sistematis.


Optimasi konten bergambar

Sebuah tulisan di dalam blog sangat disarankan tetap menambahkan gambar yang relevan atau berkaitan dengan isi konten.

Selain untuk memperindah isi halaman, sebuah gambar yang relevan juga dapat membantu mendatangkan pengunjung blog dari situs pencarian Google bagian gambar.

Tentu saja jangan menggunakan gambar yang terlalu mengandung unsur click bait.

Optimasi gambar bisa dilakukan mulai dari penamaan file gambar sebelum di upload ke dalam Blogger, kemudian mengisi Alt Text dan Title Text karena kedua hal ini sangat penting di mata robot mesin pencari untuk menentukan kata kunci dari sebuah gambar yang ada.


Menggunakan labels post Blogger

Labels post di sini memiliki fungsi seperti tag atau kategori, jadi kita bisa membuat label kategori untuk mengelompokkan isi tulisan yang ada di dalam blog tersebut.

Semakin banyak konten yang sudah di publikasi makan akan lebih mudah mencarinya apabila sudah dikelompokkan sesuai kategori yang di buat.

Sebagai contoh kita membuat labels post "Otomotif", maka kita bisa memasukkan konten yang membahas seputar dunia otomotif baik itu mobil / motor ke dalam labels post tersebut.


Internal link antar isi konten di dalam blog

Membuat jaringan link yang relevan walaupun hanya menuju halaman lain dalam 1 blog juga tidak kalah pentingnya.

Pasalnya semakin kuat internal link bagaikan jaring laba - laba, maka pondasi SEO blog tersebut juga kokoh.

Catatan yang wajib diperhatikan yaitu tetap hubungkan link antar isi konten blog yang relevan, sebagai contoh apabila membahas seputar otomotif maka hubungkan ke konten di dalam 1 situs yang masih berkaitan dengan otomotif.


Kesimpulan

Beberapa teknik dasar SEO atau optimasi mesin pencari paling gampang di atas ini bisa coba kita terapkan pada halaman blogspot.

Semua cara di atas ini gratis tidak perlu membayar layanan optimasi mesin pencari atau periklanan.

Tapi tetap ingat satu kunci lagi yang tidak kalah penting yaitu konsisten untuk selalu membuat konten blog yang relevan.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Daftar Isi Label Tertentu

Penjual Akun dan Jasa Fake Order Marketplace Lokal Indonesia

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Kurir Jasa Pengiriman Paling Aman Khusus Dropship di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8

Shopee Bisa Menonaktifkan Fitur Metode Pembayaran COD Bagi Pembeli Usil

Apa itu Windows.old dan Bolehkah Kita Menghapus Windows.old ??

Strategi Dropship Mengatasi Masalah Resi Otomatis Marketplace Indonesia

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook