Skip to main content

Solusi Order COD Shopee Tidak Terkena Return Otomatis

Solusi Order COD Shopee Tidak Terkena Return Otomatis

Shopee termasuk salah satu marketplace online di Indonesia yang memiliki volume transaksi dengan metode bayar COD (Cash on Delivery) atau lebih mudahnya bayar saat paket pesanan datang di depan rumah.

Calon pembeli sangat menyukai metode pembayaran COD dikarenakan lebih mudah dan simple pengguanaanya, tidak harus bayar via Shopee Pay atau virtual account bank.

TAPI kenyataannya terkadang ada sebagian dari pihak pembeli yang sengaja atau tanpa sengaja mengabaikan kiriman paket COD ini, yang berakibat ke pembekuan payment method / cara pembayaran COD di akun Shopee yang bersangkutan.

Walaupun masa pembekuan tidak selamanya, hanya memakan waktu 60 hari saja tapi dalam masa - masa itu akun tersebut tidak akan bisa melakukan order COD.

Nah di artikel ini yang saya garis bawahi sebenarnya bukan mengenai hukuman pembekuan metode bayar, melainkan kasus return paket secara otomatis yang tentunya akan berakibat pada sanksi penonaktifan.


6 hal yang wajib diperhatikan saat melakukan order COD

Sebagai penggemar belanja online dengan metode bayar COD, kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Pastikan nama penerima tertulis sesuai ejaan yang benar
  2. Berikan kontak nomor HP yang masih aktif dan memang kita gunakan
  3. Penulisan alamat harus jelas terutama kode pos dan kecamatan (Jangan asal isi alamat)
  4. Apabila dibutuhkan ancer, jangan lupa tuliskan juga beberapa detil lokasi rumah kita.
  5. Informasikan kepada orang yang ada di rumah sekiranya kita sebagai pembeli tidak bisa standby di rumah menunggu paket COD datang, agar mereka tahu kalau akan ada paket pesanan COD yang akan di kirim ke rumah.
  6. Selalu siapkan uang cash sesuai jumlah tagihan atau lebih sekian ribu.

Seharusnya proses pengiriman paket oleh kurir akan berjalan lancar tanpa resiko return yang berakibat pembekuan layanan bayar COD oleh Shopee.

Mengenai proses cepat atau lambat proses pengiriman itu tetap tergantung kondisi lapangan dan intern kepadatan kapasitas operasional kurir yang bersangkutan.

Baca juga : COD Bisa Menjadi Solusi Meningkatkan Target Pasar Konvensional


Kesimpulan

6 hal di atas menurut saya cukup penting untuk kita perhatikan apabila kita sering melakukan pembelian online dengan metode COD.

Betul kita tidak berniat mengembalikan / membatalkan orderan tersebut, TAPI situasi di lapangan yang juga bisa berdampak dengan resiko terjadinya return paket.

Paling sering karena alasan penemerima tidak bisa di hubungi dan kurir kesulitan menemukan lokasi pengiriman paket, kalau sudah seperti ini sistem Shopee tetap menganggap pihak pembeli yang menggunakan pembayaran COD telah membatalkan sepihak.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Ganti DNS di Windows 11 untuk Membuka Situs Terblokir

Cara Mengetahui Lokasi Foto

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8

Situs Cek Nama Domain dan Akun Sosial Media

Memahami Nomor Kode Penamaan Prosesor Intel

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Cara Memunculkan Shortcut Icon This PC dan Control Panel di Windows 11

Paket Belangganan Tokopedia PLUS by GoTo untuk Pengguna

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook