tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Mengetahui Template Blogspot Responsif


Bagaimana Mengetahui Template Blogspot yang Responsif

Template pada halaman website atau blog ibarat ruangan yang kita gunakan untuk menunjukkan hasil karya atau informasi. Tidak menutup kemungkinan kita menggunakan website atau blog untuk keperluan bisnis juga, menurut saya hal yang berkaitan dengan tampilan sangat berpengaruh terhadap pengalaman pengunjung saat mampir berkunjung ke halaman kita. Jadi jangan anggap remeh mengenai tampilan halaman atau template, bisa jadi kita berniat menggunakan halaman tersebut untuk menunjang performa bisnis tapi malah sebaliknya halaman tersebut tidak mendapatkan respon yang baik dikarenakan pengunjung kesulitan mencari apa yang mereka ingin cari atau mereka merasa tidak nyaman dengan tampilan halaman situs milik kita.

Bagaimana cara memastikan template itu responsif atau tidak?

Apakah anda seorang penulis blog yang menggunakan layanan Blogger sebagai sarana pembuatan blog dan sedang kebingungan mencari sebuah template yang cocok untuk blogspot anda, saya sangat menyarankan untuk menggunakan template standart dari Blogger terlebih dahulu.

Kenapa saya menyarankan seperti itu? Karena template standart dari Blogger yang terbaru sekarang sudah mendukung tampilan yang responsif dari ukuran layar smartphone, tablet PC, hingga desktop PC. Jadi kita yang memiliki kemampuan menulis namun belum memahami seputar kode - kode template blogspot tida perlu bingung lagi mengenai template yang responsif.

Tapi kalau anda penasaran untuk mengetahui template tersebut responsif sebenarnya bisa dilakukan dengan pemeriksaan manual dengan inspect dari halaman browser masing - masing atau melalui pemeriksaan online dari situs http://ami.responsivedesign.is/ dan https://www.responsinator.com/

Cara memeriksan template melalui situs "Am I Responsive?" diatas sangatlah mudah, cukup menuliskan alamat situs yang menggunakan template yang ingin anda test mengenai fitur responsifnya kemudian situs "Am I Responsive?" tersebut akan menampilkan tampilan situs anda dari berbagai ukuran layar. Tampilan template tersebut bisa juga kita save kemudian dijadikan sebagai bukti bahwa template yang kita gunakan atau template yang kita buat (kalau kita template designer) adalah template yang mendukung fitur responsif.
Sedangkan untuk pemeriksaan online melalui situs Resposinator juga sama, cukup dengan menuliskan situs dengan template yang ingin anda periksa dan hasil tampilan tatap muka situs anda akan dimunculkan dari berbagai macam ukuran display.

Apa yang menjadi patokan template responsif?

Kita bisa memastikan dan mengetahui sebuah template itu responsif atau tidak dengan cara melihat hasil test template tersebut menggunakan cara diatas. Hasil yang menunjukan tampilan template pada berbagai layar tampak sejajar kebawah tidak sampai melebihi lebar sebuah layar itu bisa dikategorikan template responsif, coba perhatikan contoh tampilan template yang responsif dibawah ini.

Contoh Tampilan Template Responsif yang sesuai dengan patokan

Kita bisa melihat fitur responsif dapat berjalan di setiap ukuran display yang berbeda, tidak ada objek atau sebuah div pada halaman blog tersebut yang melewati batas lebar sebuah layar dan pastinya dengan tampilan seperti itu akan mempermudah pengunjung menjelajah setiap bagian halaman blog anda.

Lantas bagaimana template dikatakan tidak responsif?
Tentunya tampilan template blog yang tidak bisa menyesuaikan ukuran lebar layar bisa dikatakan tidak mendukung fitur responsif, yang akhirnya membuat pengunjung harus sedikit sibuk melakukan zoom in dan bahkan menggeser layar kesamping untuk melihat isi konten secara keseluruhan.

Sebenarnya walaupun tanpa fitur responsif pun halaman website atau blog sekalipun masih tetap bisa dibuka melalui segala jenis ukuran layar, tapi balik lagi seperti penjelasan saya barusan "pengunjung harus sedikit sibuk melakukan zoom in dan bahkan menggeser layar kesamping untuk melihat isi konten secara keseluruhan". Bisa dibayangkan apabila halaman blog tersebut kita gunakan sebagai media promosi bisnis kita atau online shop, maka hasilnya akan beresiko jauh dari yang diharapkan hanya karena tampilannya membuat pengunjung tidak bisa dengan mudah berselancar dihalaman itu.

Lebih baik menggunakan template responsif atau tidak?

Menurut saya pribadi sangat disarankan template yang kita gunakan sudah mendukung fitur responsif, karena dengan konten yang bagus dan dukungan tampilan yang baik maka kesempatan untuk mendapatkan pengujung setia pun akan terbuka lebar. Sedangkan untuk situs yang digunakan untuk berbisnis tentunya akan memberikan peluang lebih besar mendapatkan pelanggan baru.

Jadi jangan menganggap remeh sebuah bentuk tampilan halaman situs, karena dari tampilan juga kita bisa menyebarkan informasi dan promosi.
Sampai disini dulu pembahasan seputar template responsif, semoga dari artikel ini kita bisa lebih cermat dalam memilih template.
Terima kasih.

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

2 comments:

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah p...