tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Sistem Penilaian Performa Penjual di Tokopedia dan Bukalapak


Sistem Penilaian Performa Penjual di Tokopedia dan Bukalapak
Seiring berkembangnya tren jual beli online, marketplace sebagai salah satu platform yang menyediakan media tersebut juga ingin menjaga ekosistem jual beli menjadi aman serta nyaman bagi semua pihak. Tokopedia dan Bukalapak memiliki sistem scoring (penilaian pelayanan penjual / pelapak) yang akan berguna bagi calon pembeli untuk memilih toko / lapak tempat mereka berbelanja.

Alasan scoring sistem penilaian performa itu perlu adalah untuk mempermudah proses pemilihan toko berdasarkan tingkat pelayanan yang baik.

Belanja online wajib mengetahui track record toko online tersebut, contoh selain melihat performa penjual yaitu dengan mencari tahu dan membaca beberapa review dari buyer yang sudah pernah belanja di tempat itu.

Jadi bisa kebayang ya untuk memutuskan belanja online mereka akan melihat data terlebih dahulu, apakah toko online ini profesional dan memiliki kredibilitas yang baik.

Berbeda dengan belanja offline di toko fisik, kita harus meluangkan waktu pergi ke toko dan dengan mudah bisa melihat secara langsung penjual dan barang dagangannya.

Nah khusus kita semua yang menjadi pedagang online apalagi bermain di ranah marketplace harus sepatutnya berusaha memberikan pelayanan yang baik, jangan sedikit - sedikit menyalahkan marketplace atau alogaritma mesin pencari di dalam marketplace.

Masuk akalnya kalau emank score performa buruk, gimana calon pembeli mau percaya belanja di toko tersebut.

Kabar baiknya apabila pemiliki toko / lapak berhasil mempertahankan performanya, maka mereka berhak menggunakan fitur premium dari Tokopedia dan Bukalapak.

Pastinya dengan tambahan fitur ini akan membuat calon pembeli lebih yakin untuk bertransaksi online.

Skor Performa Toko di Tokopedia

Skor Performa Toko di Tokopedia
Tokopedia memiliki penilaian skor yang cukup mudah untuk di pelajari oleh para pemilik toko.

Terdapat garis meter berwarna hijau seperti pada contoh screenshot gambar di atas, meteran tersebut menandakan performa toko yang di kelola.

Ada simbol "Power Merchant" pada garis hijau, itu adalah batas performa untuk penjual apabila ingin menggunakan fitur premium.

Minimum skor performa untuk bisa menggunakan fitur eksklusif tersebut adalah 75 poin, tentu aturan ini akan membuat para pemilik toko bersikap lebih profesional dalam hal pelayanan dan kecepatan pengiriman.

Pasalnya apabila pelayanan buruk dan kecepatan pengiriman rendah, lama - lama poin akan menurun dan fitur "Power Merchant" tidak akan bisa optimal karena simbolnya akan hilang. Alhasil akan terlihat seperti toko online yang asal buka dan jalan saja.

5 hal yang wajib diketahui pemilik toko untuk meningkatkan skor performa
  1. Melakukan verifikasi data diri dengan upload KTP milik pribadi
  2. Membalas chat / pesan yang masuk kurang dari 6 jam
  3. Jangan sampai ada pesan dari calon pembeli yang tidak terbalas
  4. Proses pesanan tidak lebih dari 22 jam untuk pengiriman konvensional dan 7 jam untuk pengiriman instant
  5. Jangan melakukan pembatalan pesanan setelah klik konfirmasi order di proses, tolak lah sebelum konfirmasi order di proses apabila kita tidak sanggup mengirim pesanannya

Nilai Performa Lapak di Bukalapak

Skor Nilai Performa Lapak di Bukalapak
Bukalapak sebagai salah satu penyedia marktplace online Indonesia juga memiliki dashboard yang membantu pelapak memantau skor performa lapaknya.

Sistem penilaian performa ini berdasarkan beberapa faktor yang tentunya berkaitan dengan aktifitas dan pelayanan pelapak.

Bukalapak memiliki batasan poin performa paling rendah untuk bisa menggunakan fasilitas premium yaitu sebesar 90 poin.

Bisa di lihat pada garis meteran berwarna merah ada simbol "Super Seller", itulah batas poin performa yang harus di miliki.

Sistem skor ini dibuat semata - mata untuk meningkatkan semangat para pelapak untuk bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan keada calon pembeli, bukan untuk tujuan mempersulit pelapak guna mendapatkan pelanggan.

Aturan seperti ini akan secara otomatis memilah mana pelapak yang berhak mendapatkan logo dan fitur "Super Seller" atau sebaliknya hanya mennjadi pelapak biasa.

Apabila ingin mendapatkan badge pelapak terbaik, maka harus berusaha meningkatkan skor performa lapak agar bisa lebih dari 90 poin.

Berikut 5 cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan poin performa lapak.
  1. Selalu proses orderan yang masuk
  2. Tinngkatkan kecepatan pengiriman
  3. Berikan pelayanan terbaik agar pelanggan memberikan feedback positif
  4. Jangan sampai menolak transaksi
  5. Ingatkan pelanggan untuk memberikan review produk yang sudah di beli

Baca juga : Langganan Fitur Premium Tokopedia dan Bukalapak Tanpa Biaya Bulanan

Kesimpulan

Scoring system sebetulnya adalah langkah yang tepat untuk membangun ekosistem jual beli online di sebuah marketplace.

Bagaimana pun juga pelapak harus memiliki sesuatu yang bisa menjadi tolak ukur mengenai kualitas pelayanannya, dengan begitu pemilik toko akan dengan mudah memperbaiki kekuranganya.

Iya betul sekali dengan sistem penilaian transparan akan beresiko membuat toko yang sudah memiliki citra buruk menjadi sangat sulit sekali untuk memperoleh kepercayaan pelanggan.

Tapi itu sebuah realita yang harus di terima, pasalnya pada dunia jual beli offline pun juga sama saja pelanggan akan sulit datang apabila toko tersebut memiliki pelayanan yang buruk.

Jadi mau melakukan jual beli online dan offline pun harus bersikap profesional baik itu dari sisi penjual atau pembeli.

Jangan sampai beranggapan bahwa adanya media online yang bisa digunakan untuk jual beli itu adalah sebuah kesempatan untuk melakukan penipuan.

Percaya atau tidak pasti usahanya tidak akan umur panjang walaupun di dunia online apabila ketahuan melakukan tindakan penipuan.

Sampai di sini dulu artikel seputar informasi sistem penilaian di Tokopedia dan Bukalapak, semoga tulisan ini berguna bagi kita yang sering melakukan aktifitas jual beli di marketplace lokal Indonesia.

Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh : Techrevolution90

Sumber :

Artikel Cara Tingkatkan Skor Performa Toko

Cara Menghitung Sistem Penalti Pengurangan Reputasi Toko

Meningkatkan Performa Lapak di Bukalapak

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...