Skip to main content

Cara Mudah Memilih Processor Laptop untuk Gaming

Cara Mudah Memilih Processor Laptop untuk Gaming

Saya anggap kita yang berencana mencari laptop gaming paham jika processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah komponen pada motherboard laptop / komputer yang paling vital karena berfungsi sebagai pengelola serta pengatur semua perintah yang diberikan. Maka dari itu processor dalam laptop pasti siap untuk bekerja dalam banyak keperluan seperti software office, bermain game, bahkan untuk urusan desain atau editing multimedia.

Khusus kebutuhan gaming, kita tentu membutuhkan tipe processor yang memadai dan sanggup untuk menjalankan aplikasi game. Perlu diketahui bahwa game yang berjalan laptop dan PC modern memerlukan CPU berkinerja tinggi supaya sanggup memainkan gameplay dengan lancar. Selain itu processor yang memiliki performa tinggi juga dibutuhkan untuk memaksimalkan fitur dan tingkat detail gafis (Ingat kualitas grafis bergantung pada kemampuan VGA, tapi CPU juga diperlukan untuk memproses game dengan tingkat kualitas grafis tinggi) game sehingga permainan menjadi lebih seru dan menarik.

Sedangkan pekerjaan desain dan editing video, processor sangat dibutuhkan untuk aktivitas multitasking dan rendering objek grafis. Hamir sama dengan kebutuhan gaming, untuk urusan desain dan editing video menuntut CPU berkinerja paling optimal agar mampu memproses pekerjaan yang lebih berat dari aplikasi office. Selain itu dukungan CPU dan VGA bertenaga besar diharapkan juga, mampu untuk menghasilkan produk multimedia seperti foto dan video yang berkualitas tinggi.


Beberapa tips cara memilih processor laptop gaming

3 tips singkat yang perlu kita pahami terlebih dahulu saat ingin menentukan laptop gaming mana yang sesuai.

  1. Merek processor

    Merk processor untuk pengguna perangkat laptop dan komuter retail yang paling terkenal saat ini masih di pegang oleh Intel dan AMD.

    2 merk processor terbesar ini saling bersaing untuk memproduksi CPU yang berkinerja tinggi dan tentunya dengan biaya yang sangat efisien.

    Intel dan AMD memiliki tipe processor yang support untuk gaming bahkan urusan desain serta editing video.

  2. Kinerja processor

    Saat tulisan ini di buat jenis processor yang rekomendasi untuk gaming dari kedua perusahaan CPU itu

    • Intel Core i5, Core i7, dan Core i9
    • AMD Ryzen 5, Ryzen 7, dan Ryzen 9

    Mengapa Intel Core i3 dan AMD Ryzen 3 tidak rekomendasi untuk laptop gaming?

    Jawaban singkatnya tipe processor Intel Core i3 dan AMD Ryzen 3 untuk laptop sampai saat ini tidak memiliki varian khusus High performance optimized for mobile.

  3. Jumlah inti processor

    Core processor pastinya sangat berpengaruh dengan hasil performa CPU tersebut, semakin banyak tentu tenaga processor juga besar dan diikuti tinggi rendah daya yang dibutuhkan.

    Jumlah inti processor minimal yang rekomendasi setidanya 4, ini paling sedikit dan rata - rata masih sanggup menjalankan game berat di tahun 2022 ini.

    Procssor laptop yang menggunakan 4 core apakah bisa menggunakan settingan grafis rata kanan?

    Tergantung dari game nya tapi kemungkinan besar tidak saggup rata kanan, setidaknya pengaturan grafis standart masih bisa berjalan lancar.


Pemahaman akhiran kode processor

Cara memilih processor laptop gaming yang tidak kalah penting yaitu memahami akhiran kode di tipe processor itu.

Perhatikan gambar tabel informasi dari arti kode processor di bawah ini.


Akhiran Nama Processor

Kesimpulan

Tidak terlalu sulit untuk menentukan processor mana yang cocok digunakan untuk bermain game di laptop.

Pastinya sediakan budget dana minimal Rp 15.000.000 sudah bisa mendapatkan laptop gaming dengan seri kode processor "H".

Patokan budget minimal Rp 15.000.000 ini di ambil rata - rata laptop gaming murah di tahun 2022 dan itu pun bukan pedoman harga pas tapi masih ada kembalian ratusan ribu hingga satuan juta.

Jadi selain kita sudah mempelajari cara membaca tipe processor gaming, jangan lupa menyediakan budget dana lebih dan jangan terlalu press budget.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Daftar Isi Label Tertentu

Penjual Akun dan Jasa Fake Order Marketplace Lokal Indonesia

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8

Kurir Jasa Pengiriman Paling Aman Khusus Dropship di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Shopee Bisa Menonaktifkan Fitur Metode Pembayaran COD Bagi Pembeli Usil

Apa itu Windows.old dan Bolehkah Kita Menghapus Windows.old ??

Strategi Dropship Mengatasi Masalah Resi Otomatis Marketplace Indonesia

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook