Skip to main content

Cara Extract Winrar Multiple Part

Cara Extract Winrar Multiple Part

Winrar adalah aplikasi yang digunakan untuk mengarsipkan sebuah file atau beberapa file dalam satu kemasan dan dalam satu ukuran atau beberapa ukuran (Multiple Part) dengan ekstensi file yang kita kenal Nama File.rar (.rar adalah ekstensi archieve file)
Nah yang jadi inti pembahasan dalam artikel ini adalah "Cara Extract Winrar Multiple Part" karena kalau kita memiliki sebuah file atau kita selesai download file (Musik, Film, Game) masih berada dalam sebuah archieve rar tidak akan bisa di eksekusi (Putar musik, Putar film, Install game) JADI kita harus keluarkan file tersebut dari archieve rar (Istilah kerennya Extract)


Coba perhatikan gambar dibawah ini, gambar dibawah ini sebagai contoh ciri - ciri archieve file dengan jenis Multiple Part (Sebuah file atau beberapa file di kemas dengan ukuran 50MB per part nya)

Cara Extract Winrar Multiple Part

Archive file dengan jenis Multiple Part memiliki ciri - ciri

  1. Nama file sama dengan akhiran part.rar
  2. Ukuran file dari part 1 sampai part akhir -1 adalah SAMA
Setelah kita memahami ciri - ciri file berekstensi .rar, sekarang saatnya mempelajari cara mengeluarkan file tersebut dari kemasan winrar. Coba perhatikan gambar dibawah ini

Cara Extract Winrar Multiple Part

Coba untuk klik kanan file multiple part yang akan di extract, pilihlah part 1 kemudian klik kanan akan muncul sebuah menu pilihan. Perhatikan ada pilihan Extract Files, Extract Here, dan Extract to (sesuai nama archieve). Sebenarnya dari ketiga pilihan tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu mengeluarkan file dari kemasan winrar atau archive. Supaya lebih mudah memengerti saya coba berikan penjelasan perbedaan tersebut
  1. Extract Files adalah perintah untuk mengeluarkan file dari winrar dengan memilih folder direktori tujuan
  2. Extract Here adalah perintah untuk mengeluarkan file dari winrar langsung di folder direktori tersebut (tempat winrar itu berada)
  3. Extract to (sesuai nama archieve)  adalah perintah untuk mengeluarkan file dari winrar langsung di folder direktori tersebut (tempat winrar itu berada) dengan membentuk folder baru dengan nama sesuai nama archieve
Ingat jangan lupa mengenai ciri - ciri archive berjenis multiple part, karena tidak menutup kemungkinan pada saat kita ingin mencari sebuah file dari internet (download file) ada terjadi kesalahan dari pihak penyedia download tersebut, entah multiple part yang tidak lengkap atau file size tidak sama dan terjadi corrupt file. 

Sekian dulu artikel mengenai "Cara Extract Winrar Multiple Part"
Semoga bermanfaat
Terima Kasih

Baca juga
Cara Extract Winrar di Android

Comments

Popular posts from this blog

Cara Ganti DNS di Windows 11 untuk Membuka Situs Terblokir

Cara Mengetahui Lokasi Foto

Situs Cek Nama Domain dan Akun Sosial Media

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Kartu AS Menggunakan Pulsa

5 Situs Online Gratis Analisa Tren Tagar Hashtag Instagram

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook

Memahami Nomor Kode Penamaan Prosesor Intel