tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Menambahkan Koleksi Font di PC


Menambahkan Koleksi Font Komputer

Font termasuk sesuatu yang penting di dalam sebuah komputer, apalagi kalau komputer tersebut digunakan untuk mengerjakan sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan desain grafis. Pastinya dengan koleksi font yang lebih bervariatif akan memudahkan kita untuk membuat sebuah desain grafis yang menarik.

Font yang kita tambahkan kedalam folder font di komputer juga bisa digunakan untuk pilihan font pada aplikasi Microsoft Office juga, jadi tidak hanya untuk aplikasi design seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dan aplikasi sejenisnya.

Bagi yang belum tahu situs penyedia font secara gratis, bisa mencoba mencari font melalui situs - situs dibawah ini.
  1. http://www.dafont.com/
  2. http://www.1001freefonts.com/
  3. http://www.fontspace.com/
  4. https://www.urbanfonts.com/free-fonts.htm

Cara menambah koleksi font baru

Memasukan font terbaru kedalam folder koleksi font di komputer dengan sistem operasi Windows sangatlah mudah, cukup dengan download font yang ingin ditambahkan melalui website penyedia font kemudian hasil download tersebut bisa kita paste di dalam folder font komputer kita.

Berikut langkah - langkahnya untuk menambahkan koleksi font komputer
  1. Download font yang diinginkan dari situs penyedia font.
  2. Extract terlebih dahulu apabila file font hasil download masih berada didalam winrar.
  3. Tekan tombol Windows + tombol R, untuk memunculkan jendela run.
  4. Ketik "control panel" didalam jendela run untuk menampilan jendela control paneh.
  5. Setelah jendela control panel terbuka, carilah folder font. Perhatikan gambar dibawah untuk lebih mudah menemukan folder font di control panel.

    Nambahin Font Baru di Folder Font Control Panel
  6. Setelah menemukan folder font didalam control panel, selanjutnya buka folder font tersebut dan kita akan melihat koleksi - koleksi font yang sudah dimiliki oleh komputer kita seperti contoh gambar dibawah ini.

    Cara Nambahin Font Baru
  7. Langkah terakhir adalah memasukkan font terbaru yang sudah kita download (ingat file font yang dimasukkan, bukan file font didalam winrar) dengan cara copy paste seperti biasa.
  8. Selesai.

Kesimpulan

Hanya beberapa langkah saja proses untuk menambahkan font terbaru di komputer kita, tapi ini langkah - langkah yang saa bagikan untuk komputer dengan sistem operasi Windows saja. Perlu diketahui bahwa penambahan font baru sangat disarankan sesuai kebutuhkan, dikarenakan terlalu banyak koleksi font akan berpengaruh pada performa komputer saat menjalankan aplikasi design, aplikasi office, atau aplikasi lain yang sanggup menggunakan font terbaru itu. Performa yang dimaksud ini adalah pada saat kita ingin membuat sebuah text dan memilih font lain untuk text tersebut akan menjadi terasa berat dikarenakan proses pembacaan atau scaning jenis font yang ada di folder font.

Sampai disini artikel dari saya mengenai cara menambahkan koleksi font di komputer, semoga artikel ini dapat menjadi solusi bagi kita yang belum mengetahui cara untuk memasukan font hasil download kedalam komputer.
Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Cara Riset Produk dan Mengetahui Supplier yang Profesional di Marketplace

Memulai membuka usaha online zaman sekarang sangatlah mudah dan sangat berbeda jauh dengan beberapa tahun lalu, bahkan tren saat ini yang s...