Skip to main content

Shopee Bisa Menonaktifkan Fitur Metode Pembayaran COD Bagi Pembeli Usil

Shopee Bisa Menonaktifkan Fitur Metode Pembayaran COD Bagi Pembeli Usil
Semakin kesini trend belanja online juga bertambah banyak peminatnya, salah satu faktor yang meningkatkan gairah para pengguna untuk belanja dari toko online di marketplace adalah adanya metode pembayaran COD (Cash on Delivery). Fakta di lapangan transaksi ini lebih banyak digunakan oleh pembeli pada saat ini, mereka lebih merasa nyaman karena bisa memastikan barang pesanannya bisa mendarat dengan selamat sebelum mengeluarkan sejumlah uang untuk membayarnya.

TAPI ada aturan yang sangat WAJIB diketahui yaitu pembatasan untuk menggunakan metode pembayaran COD bagi pembeli yang sering melakukan pembatalan pesanan.

Aturan ini dibuat untuk mengurangi kasus pembatalan order oleh pembeli yang juga merugikan seller di marketplace Shopee

COD Shopee Bisa Merugikan Seller

Pembeli di Shopee yang menggunakan metode COD dan sering atau bahkan sengaja melakukan pembatalan order dengan alasan apapun, bisa merugikan pihak seller.

Kerugian seperti apa yang diderita oleh seller?
  • Biaya proses pengemasan paket
  • Ongkos tenaga kerja
  • Biaya bensin kendaraan
  • Adanya resiko kerusakan berang saat di dalam perjalanan pengiriman

Beberapa biaya di atas sudah diperhitungkan oleh seller, namun soal pembatalan oleh pembeli itu sudah pasti diluar perkiraan.

Pasalnya penjual mempersiapkan paket sudah sesuai permintaan dari order pembeli, tentunya resiko penolakan harusnya tidak ada.

Secara kalau benar pembeli ingin mengembalikan barang dengan alasan logis, semisal karena barang tidak sesuai atau rusak tidak berfungsi tentu hal tersebut bisa dilakukan setelah paket dibuka.

Aturan COD di Shopee itu pembeli tidak bisa menolak atau mengembalikan paket setelah dibuka, ini situasi berbeda dengan yang namanya retur / komplain.

Jikalau benar ada kerusakan barang maka pembeli masih bisa komplain retur barang atau refund melalui sistem marketplace Shopee dan tentunya dengan mengikuti persyaratan yang ada.

SANGAT BEDA antara menolak paket kiriman COD dengan komplain barang, oleh karena itu Shopee dapat membatasi akun pembeli yang sering melakukan penolakan paket dengan kiriman bayar di tempat.

Baca juga : Kurir Jasa Pengiriman Paling Aman Khusus Dropship di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Shopee Menonaktifkan Pengiriman COD di Akun Pembeli

Metode Pembayaran COD Shopee dinonaktifkan
Aturan pembatasan khusus fitur bayar di tempat bagi pembeli sudah tertulis di halaman bantuan Shopee dengan judul "Apa yang harus saya lakukan jika terjadi kendala terkait metode pembayaran COD (Cash on Delivery)?".

Berikut poin penting di dalam aturan tersebut
  • Metode pembayaran COD dinonaktifkan sementara apabila Anda pernah membatalkan pesanan sebanyak 2 kali dalam 60 hari
  • Metode pembayaran COD akan dipulihkan dan dapat digunakan kembali secara otomatis setelah 60 hari kalender terhitung dari tanggal metode pembayaran COD dinonaktifkan

Sumber : Halaman Bantuan Shopee

Kesimpulan

Fitur layanan pembayaran dengan metode COD (Cash on Delivery) itu digunakan untuk mempermudah kegiatan jual beli online di zaman ini.

Walaupun sebagian pihak juga banyak yang tidak menyukai cara pembayaran itu, namun realita di lapangan berbeda.

Banyak dari mereka yang mungkin masih kurang yakin untuk belanja online, bisa lebih tertarik dan berani membeli kebutuhannya secara online dengan metode bayar di tempat.

TAPI yang namanya sebuah ide atau solusi untuk sebuah permasalahan pasti juga ada sedikit celah bagi sumber masalah lainnya.

Adanya pengguna atau pembeli yang usil serta tidak tanggung jawab termasuk sumber masalah untuk transaksi dengan metode bayar di tempat.

Oleh karena itu pihak penengah atau penyedia layanan jual beli memberlakukan aturan yang tegas bagi mereka yang melakukan order COD tanpa tanggung jawab.

Semoga kedepannya proses pembayaran ini bisa lebih berguna dan bermanfaat untuk menunjang kegiatan jual beli online di Indonesia.

Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh : Techrevolution90

Comments

  1. Saya tidak pernah melakukan pembatalan tapi kok bisa dinonaktifkan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila anda tidak pernah melakukan pembatalan order pembelian dengan COD di Shopee namun pembayaran COD tidak bisa digunakan, coba pastikan lagi apakah pemilik toko atau seller tersebut masih mengaktifkan metode pembayaran COD?

      Soalnya kalau pemilik toko sudah menonaktifkan pembayaran COD, maka sebagai pembeli juga tidak bisa menggunakan jenis pembayaran tersebut saat ingin belanja online.

      Delete
  2. Akun shopee gada pilihan COD sebelum ada tapi tiba tiba hilang,,tidak pernah melakukan pembatalan,,dicoba dengan akun lain metode COD muncul,, berarti akun ini bermasalah itu kenapa ya kira kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pertanyaannya sebagai pihak pembeli di Shopee ya?

      Kalau iya kemungkinan besar mungkin toko yang ingin anda lakukan transaksi tidak mengaktifkan opsi pembayaran COD untuk produk berkaitan.

      Kemungkinan kedua akun anda pernah melakukan pembatalan transaksi COD.

      Secara aturan pembayaran COD itu bebas koq, tidak ada batasan berapa kali kita melakukan pembelian denga bayar di tempat, selama kita tidak melanggar aturan seperti membatalkan transaksi COD.

      Apabila masih belum ada titik terang, bisa coba langsung menanyakan masalah ini dengan admin atau CS di Shopee.

      Delete
    2. Saya tidak pernah melakukan pembatalan order tapi tetep di on aktifkan bang, dan aku melakukan cod batas maximal pengiriman 10x aja.

      Delete
    3. Saya masih belum menemukan aturan dari Shopee yang membatasi jumlah transaksi COD.

      Selama tidak melakukan pembatalan COD seharusnya metode pembayaran ini akan tetap bisa digunakan untuk order dari seller yang mengaktifkan fitur pembayaran COD.

      Delete
  3. Saat metode Cod sudah memasuki tanggal masa aktifnya apakah memang bener2 bisa di gunakan kembali ya kak ... Untuk metode pembayaran COD nya .???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila jangka waktu pembekuan fitur COD sudah habis seharusnya bisa digunakan lagi.

      Pastikan juga bahwa toko / seller anda juga mengkaktifkan layanan pembayaran COD di tokonya.

      Delete
    2. Saya masih satu kali pembatalan kok langsung dinonaktifkan

      Delete
    3. @Fau Seharusnya kalau masih satu kali pembatalan COD itu tidak sampai kena pembekuan metode pembayaran tersebut.

      Aturan tertulis dari situs resmi Shopee masih tertulis bahwa 2X pembatalan dalam 60 hari maka akun buyer tersebut akan terkena pembekuan metode pembayaran COD.

      Bisa jadi anda mungkin lupa dalam 60 hari sudah ada 2X pembatalan COD, secara 60 hari waktu yang cukup panjang apabila anda sering melakukan transaksi maka besar kemungkinan bisa lupa.

      Tapi kalau ternyata ada perubahan peraturan menjadi hanya 1X pembatalan dalam 60 hari itu justru lebih bagus untuk ekosistem jual beli COD di Shopee.

      Delete
    4. Sya juga di non aktifkan cod nya, pernah belanja di batalkan tpi pihak penjual bukan saya jdi nunggu ya kalo mah di aktifkan lgi cod nya

      Delete
    5. Betul sesuai dengan aturan dari Shopee mengenai pembekuan metode bayar COD maka harus menunggu sampai batas waktu yang ditentukan, setelahnya metode pembayaran COD akan bisa digunakan lagi.

      Sebetulnya transaksi gagal di Shopee pasti akan ada pihak yang terkena poin penalti.

      Walaupun seller yang membatalkan kemudian buyer ikut menanggung konsekuensinya yaitu pembekuan metode COD, seller pun juga ada poin penalti akibat pembatalan pesanan.

      Delete
  4. saya sudah 2× ngebatalin pesenan COD di shopee, dan saya ngebatalinnya ketika order dan belum ada sejam sejak pesanan di order. tpi kok akun saya tidak dibekukan? malah saya bisa order lgi pakai metode COD. apakah memang begitu, karena blm ada sejam order jadi gpp dibatalin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembatalan order di Shopee bisa dilakukan secara sepihak oleh pihak pembeli, dengan catatan tidak lebih dari 1 jam dari pembayaran terkonfirmasi oleh Shopee.

      TAPI beda cerita walaupun belum lebih dari 1 jam dan kebetulan pihak penjual sudah menerima orderan tersebut dan bersedia untuk memprosesnya maka tidak bisa lagi membatalkan orderan secara sepihak.

      2 kasus di atas tidak termasuk pelanggaran oleh karena itu tidak ada sanksi pembekuan akun atau fitur COD oleh pihak Shopee.


      Fitur COD bisa di matikan oleh sistem umumnya karena menolak pesanan COD yang sudah di kirim sebanyak 2X dalam kurun waktu tertentu.

      Delete
  5. saya tidak pernah membatalkan pesanan saya cuman pas saya pesan pake itu sekitar 6 saat saya tinggal liat vidio tiktok langsung di nonaktifkan apakah barang yg saya pesan tetap di kirim melalui cod

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila tidak pernah membatalkan pesanan COD seharusnya fitur metode pembayaran COD akan tetap bisa digunakan.

      Sebaliknya apabila pernah membatalkan sebanyak 2 kali dalam waktu 30 hari maka akan terkena sanksi dari sistem yaitu metode bayar COD dinonaktifkan.

      Delete
    2. Saya melakukan pembatalan pesanan karena ingin merubah rincian sebanyak 3 x dan cod saya pun tidak bs digunakan bagaimana caranya bs digunakan kembali

      Delete
    3. Shopee menonaktifkan fitur pembayaran COD bagi pembeli selama 60 hari.

      Jadi seharusnya kalau sudah sampai terhitung 60 hari maka metode pembayaran COD akan bisa digunakan lagi.

      Pastikan juga saat ingin belanja toko tersebut menyediakan opsi pembayaran COD atau tidak.

      Delete
  6. Saya tidak pernah membatalkan barang tetapi paketnya direturn sendiri oleh pihak jasa kirim,tetapi akun saya tetap dibekukan padahal itu bukan saya yg return.
    Jika memiliki 2 akun dan barang telah direturn 2 kali apakah 2 akun akan dinonaktifkan sistem codnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aturan pembekuan metode bayar COD dari Shopee berlaku untuk 1 akun yang digunakan untuk order COD.

      Sedangkan untuk kasus paket kembali / return itu memang tidak selalu penyebabnya karena buyer / pembeli / kita sendiri yang menolak.

      Ada kasus paket COD return itu karena alamat tidak ditemukan dan kontak nomor HP penerima tidak bisa dihubungi.

      Jadi kurir pengiriman COD umumnya tetap berusaha melakukan kontak kepada calon penerima sebanyak 2X (1 hari 1X usaha kontak).

      Apabila sudah sampai 2X tidak ada respon dari penerima maka paket akan otomatis di return.

      Solusinya kalau order COD harus memiliki kontak HP yang aktif dan alamat pengiriman sejelas mungkin, kalau emank alamat pengiriman agak sulit ditemukan minimal HP harus siaga untuk menerima panggilan atau WhatsApp dari kurir pengiriman.

      Delete
  7. Saya tidak sengaja tertekan pesanan cod apakah bisa saya menolak untuk pembayaran?
    Dan jika baru sekali menolak apakah ada sanksi dari shope?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah di proses oleh seller Shopee maka dipastikan apabila menolak pembayaran / menolak menerima paket akan masuk hitungan penolakan order COD.

      Apabila masih baru 1 kali tolakan, metode bayar COD masih tetap bisa digunakan.

      Delete

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link aktif.

Popular posts from this blog

Cara Ganti DNS di Windows 11 untuk Membuka Situs Terblokir

Cara Mengetahui Lokasi Foto

Situs Cek Nama Domain dan Akun Sosial Media

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Kartu AS Menggunakan Pulsa

5 Situs Online Gratis Analisa Tren Tagar Hashtag Instagram

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook

Memahami Nomor Kode Penamaan Prosesor Intel