Kurir Jasa Pengiriman Paling Aman Khusus Dropship di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Kurir Jasa Pengiriman Paling Aman Bagi Dropshiper di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak
Beberapa hal yang wajib diketahui oleh dropshipper selain suppier dan trend produk, adalah tata cara pengiriman online yang ada di dalam sistem marketplace itu sendiri. Tidak sedikit mereka sudah pecah telur pertama kali (mendapatkan penjualan pertama), masih mendapatkan kendala perihal resi pengiriman.

Mayoritas mereka kebingungan saat mendapatkan orderan yang diwajibkan menggunakan resi otomatis oleh sistem marketplace.

Resi otomatis hanya bisa berubah menjadi valid terkirim apabila kita menyerahkan paket kiriman dan menunjukan kode booking resi otomatis kepada pihak kurir yang terpilih.

Nah resi yang muncul secara otomatis dari sistem ini sering menjadi batu sandungan bagi dropshipper saat ingin melanjutkan proses pengiriman barang.

Kurir Jasa Kirim Paling Aman Bagi Pelaku Dropshipping di Marketplace

Dukungan Pengiriman JNE TIKI di Marketplace
Jasa pengiriman yang menurut saya sangat fleksibel dan tidak rewel mengenai sistem input resi adalah JNE dan TIKI.

Kurir pengiriman dari jasa ekspedisi JNE TIKI saat ini yang tersedia di marketplace hanya ada di Tokopedia dan Bukalapak.

Khusus untuk TIKI yang saya lihat hanya ada di marketplace hijau dan merah saja.

Sistem input resi TIKI di marketplace tersebut sampai saat ini masih menggunakan metode manual, bisa di ketik atau melalui scan barcode kamera ponsel.

Bagaimana dengan Tokopedia yang mengeluarkan kode booking JNE?
Kode booking JNE tidak sama dengan nomor resi pengiriman, kita masih bisa memasukkan nomor resi pengiriman kurir JNE secara manual di Tokopedia.

Baca juga : Shopee dan Tokopedia wajib menggunakan JNE cashless

Kesimpulan

Segera atur pilihan ketersediaan kurir pengiriman di toko online marketplace, jangan menunggu setelah mendapatkan order pejualan.

Aktifkan JNE REG saja sebetulnya sudah cukup, namun kalau menambah alternatif jasa pengiriman lainnya yaitu TIKI REG.

Sampai tulisan ini saya ketik, kedua perusahaan jasa kirim tersebut paling gampang digunakan untuk menjalankan bisnis dropship di sistem marketplace.

Resi manual jauh lebih aman bagi penjualan yang menggunakan metode dropshipping, tidak akan resiko terkena penahanan saldo atau dana penjualan.

Selama tidak ada indikasi kecurangan seperti order di toko sendiri atau menggunakan jasa order fiktif, maka sistem marketplace tidak akan membatasi akun jualan kita.

Semoga informasi terkait kurir pengiriman ini bisa berguna bagi kita pedagang online khususnya yang menggunakan metode dropshipping dari marketplace agar tidak sampai terkena hambatan di proses input resi pengiriman.

Comments

  1. Kalo JNE reguler cashless aman ngga buat dropship

    ReplyDelete
    Replies
    1. JNE Cashless seperti i Shopee ya?

      Kalau dari sisi dropshiper dan melakukan DS dari supplier di marketplace jangan pakai cashless (jangan aktifkan JNE cashless).

      Kecuali kalau order dari supplier di luar marketplace masih OKE, selama itu supplier masih satu kota dengan data toko anda di marketplace.

      Tinggal minta tolong aja supplier untuk menuliskan kode booking dari JNE cashless yang anda dapat.

      Delete
  2. KALAU SAYA INGIN MEMAKAI JNE SAJA, BERARTI SY CUKUP AKTIFKAN JNE REG SAJA YA MAS, GK USAH JNE OKE, JNE CHASLES...KECUALI KALAU DARI SUPLIER GK PAPA YA MEMAKAI JNE CHASLESS, YG PENTING KITA MEMAKI JNE REG SAJA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus dropshiper TIDAK saran menggunakan JNE Cashless. Gunakan saja JNE REG / OKE, kalau hanyak aktifkan REG saja juga sebetulnya sudah cukup.

      JNE REG bukan yang jenis cashless.

      Sistem input resi JNE REG dan OKE itu masih bisa manual, tinggal pelajari aturan input resi di marketplace yang bersangutan bisa DOUBLE RESI apa tidak.

      Takutnya kalau sistem marketplace melarang input 2X maka solusinya anda harus menggunakan supplier dari beda marketplace..

      Jual di Tokopedia cari supplier dari Shopee, Bukalapak dan luar marketplace.
      Jual di Shopee cari supplier dari Tokopedia, Bukalapak dan luar marketplace.

      Delete
  3. Kalau JNE REG dan JNE regular cashles sama apa beda gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JNE REG dan JNE REG Cashless beda di sistem pembayaran ongkos kirimnya..

      JNE REG kita bayar ongkos kirim di agen JNE saat kirim barang, sedangkan cashless itu ongkos kirim otomatis terbayarkan dari sistem penjualan di marketplace.

      Jadi untuk cashless cukup menyerahkan kode pengiriman paket kepada agen JNE.

      JNE cashless tidak disarankan untuk digunakan apabila kita sebagai dropshipper, tidak memiliki stok barang.

      Delete
  4. Berarti walaupun ada kodebooking di JNE REG tokopedia, tetap bisa input resi manual ya? Saya gak aktifikin JNE Cashless, tapi tetap ada kode booking.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JNE REG di Tokopedia masih bisa input resi manual walaupun ada muncul kode booking JNE..

      Mengenai JNE Cashless saya bantu perjelas lagi, untuk saat ini fitur JNE cashless setahu saya ada di Shopee dan Lazada.

      Tokopedia dan Bukalapak saat ini belum mendukung JNE cashless, kalau sebatasan input resi otomatis by kode booking masih bisa cuman ya itu pembayaran ongkos kirim tetap tunai saat penyerahan paket ke agen JNE.

      Delete
  5. Kak kalau kita dropship dari tokopedia ke shopee, kita bisa atau tidak ya untuk memakai jasa kirim j&t? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat tidak disarankan dropship menggunakan JNT.

      JNT di Shopee itu ongkos kirim non tunai dan menggunakan resi otomatis dengan kode khusus Shopee yaitu awalan "JP".

      Kalau ambil barang dari supplier marketplace Tokopedia akan ribet di input resinya.

      Tapi kalau mau di coba bisa, silahkan bisa mengaktifkan opsi pengiriman JNT di Shopee.

      Delete
  6. Apakah sistem resi dari JNE dan TIKI jg brlaku di marketplace lain seperti shoope dan Lazada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JNE bisa input resi secara manual untuk Tokopedia, Bukalapak dan Shopee (saya tahu karena saya juga berjualan di sana).

      Sedangkan untuk TIKI saat ini hanya tersedia di Tokopedia dan Bukalapak saja dan proses input resi juga manual.

      Mengenai Lazada saya tidak bisa berkomentar banyak, karena saya belum pernah berjualan di Lazada sampai saat ini.

      Delete
  7. min. kalau dropshiper pakai jne reg/ok apakah ongkir dari pembeli kita masuk ke saldo kita?
    soalnya kita kan beli ke suplaier kita bayar ongkir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kita sebagai penjual (dropship atau non dropship) pasti menerima dana penjualan yang dimana itu adalah nominal nilai barang dan ongkos kirim (apabila ada). Logikanya kan begitu ya harusnya..

      Kalau anda berjualan (dropship) di marketplace itu ada koq rincian detil dana penjualan dari sebuah transaksi.
      Nominal nilai barang dan ongkos kirim tertera lengkap, dan sistematis koq penulisannya.



      TAPI kalau anda berjualan (dropship) diluar atau tanpa melalui sistem marketplace ya mengenai ongkos kirim masuk ke rekening anda atau tidak ya tergantung anda menagihkan ongkos kirimnya ke buyer anda apa tidak.


      KUNCInya jangan pernah beranggapan ambil untung dari ongkos kirim apabila berjualan secara dropship, ongkos kirim cuma mampir aja di rekening dropshiper kemudian diteruskan ke supplier.

      Sedangkan yang mengendap di rekening dropshipper HANYA profit atau selisih keuntungan dari penjualan
      Harga Jual - (Harga pokok barang + ongkos kirim) = Profit

      Delete
  8. informasi sangat membantu kak,terima kasih

    ReplyDelete
  9. Halo, misal kalau sy dropshiper jualan di tokped dgn kurir jne reg, lalu sy pesan barang dari supplier d shopee dgn jne reg cashless. Setelah itu sy masukkan no resinya secara manual ke toko sy d tokped. Apa seperti itu bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo untuk case seperti ini saya tidak bisa memberikan jawaban yang pasti, karena saya belum pernah mengambil barang dari supplier yang menggunakan JNE cashless untuk saya input lagi angka resinya di kolom konfirmasi pengiriman marketplace.

      Delete
  10. Kalau saya sebagai dropshiper ada pesanan di shopee dan mau pesan barangnya ke supplier yang ada di shopee juga tapi saya pesan dengan jasa pengiriman J&T dan pembeli dari toko saya pesan dengan jasa pengiriman JNE apa bisa status pesanannya terkirim di toko saya dengan minta bantuan chat ke help shopee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa minta bantuan admin Shopee dengan menyertakan bukti foto kertas resi pengiriman agar di bantu oleh admin untuk mengubah status pesanan menjadi "Sedang Dikirim".

      Namun mengenai ongkos kirim mungkin akan beresiko tidak bisa diteruskan kepada penjual (anda), untuk lebih pastinya bisa mencoba menanyakan langsung pada admin Shopee.

      Delete
  11. Kang nanya dong
    Ada yg order di shopee,pakai jne REG, terus saya order ke suplier saya dgn jasa jne jga trs suplier saya input resi ke saya, nah resi yg dari suplier saya bisa tidak saya input ke shopee ?

    Apakah semua jne REG dari semua marketplace masih menggunakan manual input resi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengiriman menggunakan JNE REG saat ini masih bisa dilakukan input resi secara manual di 3 marketplace ini
      - Tokopedia
      - Bukalapak
      - Shopee

      Tapi ini mengenai aturan pelarangan input resi ganda bisa di cari lagi informasinya lebih detil.

      Seingat saya untuk Tokopedia dengan tegas melarang input resi 2X, dengan kata lain apabila mendapatkan order penjualan di Tokopedia maka wajib mencari supplier dari luar seperti Bukalapak, Shopee atau toko online di luar marketplace.

      Delete
  12. Bang, saya kan dapet orderan dari customer saya, pake JNE REG Cashless, terus saya udah terlanjur pesen ke supplier kirim ke alamat di pake JNE REG Cashless juga. Nah, solusinya gimana ya biar bisa tuh resi di pesanan customer saya jadi resi si supplier? Terima kasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya dari ceritanya ini supplier dan orderan penjualan dari 1 marketplace ya?

      Hmm coba langsung aja chat ke admin Shopee (kalau emank anda berjualan di Shopee).

      Hati - hati untuk urusan input resi, karena input resi yang tidak sesuai peraturan bisa resiko penahanan saldo penjualan.

      Delete
    2. Bener banget, di Shopee nih. Udah chat admin, 1x24 jam belum dapet respon samsek. Mana barang si supplier udah di warehouse kota customer nih, wkwk. Kayaknya double paket bisa dicoba tuh ya?

      Delete
    3. Nah itu untuk double resi saya ga bisa berkomentar lebih, takutnya kalau ada aturan larangan double resi di Shopee malah bisa resiko dana tertahan.

      Sebenarnya bisa sich klo mau aman, kirim aja paket kosongan (amplop isi kertas) gitu ke alamat buyer.

      Fungsinya untuk mendapatkan resi valid yang nantinya anda gunakan untuk input resi di proses pengiriman barang dagangan anda di sistem Shopee.

      Tinggal info aja ke buyer untuk bantu konfirmasi terima barang saat paket amplop kosongan sampai.

      TAPI biaya ongkirnya jangan lupa di hitung, takutnya profit anda tidak lebih dari biaya ongkir untuk paket bodongnya.

      Jadi rugi ceritanya..

      Delete
    4. Sebelumnya, makasih udah ngeladenin sampe se-thread begini, hehe.

      Iya sih, akhirnya karena makin kacau gini, udah deh coba kirimin amplop ke buyer. Dan masalh ongkir, untungnya pas beli ke supplier dapet voucher Gratis Ongkir, akhirnya malah jadi ladang cuan hehe. Tapi bang, pernah denger masalah "Crewdible" ga sih? Katanya bisa tuh jadi solusi buat para dropshipper. Sampai sekarang saya masih rada gapaham.

      Delete
    5. Iya sama - sama terima kasih sudah mampir di artikel ini ya.

      Crewdible pernah dengar tapi belum pernah menggunakannya, sepintas yang saya tahu itu sangat cocok bagi mereka yang sudah memiliki stok barang dagangan dalam jumlah besar.

      Mungkin bisa menjadi solusi buat dropshiper itu bukan mereka (dropshiper) yang berhubungan dengan Crewdible, TAPI mungkin saja mereka di sarankan menjalin hubungan dengan supplier / distributor yang menggunakan layanan Crewdible.

      Delete
  13. Bang, saya dropship dari tokopedia ke shopee, jasa pengiriman yang recommended apa aja ya yang pake resi manual selain jne reg/tiki?
    Dan apa perbedaan jne reg/yes/cashless/?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurir yang saat ini masih support input resi manual
      - JNE
      - TIKI
      - Wahana (Hanya ada di Tokopedia dan Bukalapak)
      - POS Indonesia

      Istilah cashless yang dimaksud adalah pembayaran ongkos kirim langsung di handle oleh marketplace dan pihak kurir ekspedisi, dengan kata lain seller (pengirim barang) tidak perlu memberikan uang tunai atau membayarkan sejumlah uang kepada kurir ekspedisi.

      TAPI perlu diketahui semua pengiriman yang menggunakan pembayaran cashless PASTI menggunakan kode booking atau resi otomatis, ini yang perlu di cermati agar tidak sampai menjadi batu sandungan saat mendapatkan order penjualan.

      PASTINYA kode booking atau resi otomatis tidak rekomendasi bagi dropshipper, banyak orang yang menjalankan dropship di marketplace mengeluh kesulitan urusan resi otomatis.

      Delete
  14. gan, jadi kesimpulannya utk dropship yang aman bisa pake JNE REG/OKE jugakan ? (salah satunya), pertanyaannya :
    jika ada pembeli pesan ke toko saya menggunakan JNE OKE, lalu saya beli ke supplier yang masih dalam satu market place (shopee) menggunakan JNE REG
    apa resi yang dari supplier (resi JNE REG) tetap bisa diinput manual? terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan anda :
      Buyer anda order di Shopee memilih JNE OKE, sedangkan anda (seller / dropshipper) berencana order di supplier Shopee (1 MP dengan buyer / internal dropship) menggunakan JNE REG itu bisa atau tidak?

      Jawaban
      1. Mengenai pemilihan kurir pengiriman dari JNE OKE menjadi JNE REG seharus tidak akan menjadi masalah bagi pihak buyer, karena buyer bayar lebih murah dan realitanya paket di kirim menggunakan JNE REG yang lebih mahal tentunya.

      2. Soal internal dropship di sebuah marketplace (buyer dan supplier di marketplace yang sama), ini saya tidak menyarankan karena Shopee hanya membatasi 1 resi untuk 1 kali input.

      Artinya resi dari supplier anda yan di Shopee tidak bisa digunakan kembali untuk input resi kepada buyer anda di Shopee.

      Solusi anda bisa mengirimkan paket kosongan untuk mendapatkan resi valid dari pihak kurir pengiriman, tujuannya supaya sistem transaksi penjualan anda akan berganti status menjadi pesanan dikirim. TAPI jangan lupa perhitungkan juga biaya ongkir dari tempat anda menuju tempat buyer, takutnya tidak lebih besar dari profit dropship anda.

      Delete
  15. Mau tanya, kalau suppliernya dari tokopedia dan menjualnya di shopee. nanti ketika order di tokopedia apakah resinya bisa di input manual ke shopee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di input manual tergantung menggunakan kurir ekspedisi apa.

      Bisa coba baca artikel dan beberapa komentar di atas ya, karena sudah ada di bahas.

      Delete
  16. Kak mau tanya, saya sebagai dropshiper di shopee barang ambil disupplier tokped semula pake ekspedisi jne reg dan gak da masalah tetapi ini dishoppe mulai keluar aturan utk seluruh toko yg domisili di jkt yang menggunakan jne exspress diharuskan menggunakan metode cashless per tgl 11 agustus 2020 sedang supplier saya masih menggunakan jne reg. Saya tinggal di jateng tp krn supplier saya dari jkt alamat toko sudah sy ubah jkt, otomatis saya harus gunakan cashless jg.Solusinya gimana kak mengingat saya sebagai dropshiper? Apakah ada ekspedisi lain di shopee yang masih mengisi no resi secara manual? Mohon bantuannya kak..soalnya saya masih baru jadi dropshiper dan toko saya di shopee baru mulai ada pembelian2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu diketahui JNE Cashless harus menggunakan kode booking dari sistem Shopee.

      Masalahnya supplier anda bersedia atau tidak membantu anda dengan menuliskan kode booking JNE Cashless dari Shopee anda?

      Soalnya klo udah urusan resi otomatis atau resi cashless, ini tidak semudah menulis alamat pengiriman loh.

      Supplier anda berjualan di marketplace Tokped, coba tanyakan apakah supplier anda mau menjual barangnya di luar sistem marketplace Tokped?



      Kalau semisal supplier anda di Tokped wajib order melalui marketplace maka mau tidak mau anda harus buat paket kosongan dengan menggunakan kode booking JNE cashless Shopee anda agar pengiriman terkonfirmasi oleh sistem.

      Delete
  17. Pertanyaan sy simple min .. saya mau mulai jualan dropship di shopee, jasa kirim apa saja yg harus sy aktifkan. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban untuk pertanyaan anda sebetulnya bisa di baca pada artikel di atas.

      Biasakan membaca terlebih dahulu dan berusaha memahami informasi yang di baca.

      Soalnya kalau sebatas tanya sana sini, ntar kena pertanyaan dengan kasus yang lebih kompleks bisa jadi jawaban dari sumber A, B, C, dan seterusnya berbeda - beda.

      Akhirnya anda sendiri yang bingung harus ambil keputusan yang mana..

      Delete
  18. Gan,saya sbg dropshipper di Tokopedia dan supplier sy dri shopee.kalo sy aktifkan pengiriman jnt kira² recommended ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau maen aman dan tidak resiko bermasalah di sistem input resi, lebih baik JANGAN menggunakan kurir JNT di marketplace apabila anda tidak bermain stok barang (dropshiper).

      TAPI kalau anda dropship tetap berniat menggunakan JNT di marketplace, bisa juga sich ngakalin sistem input resi tapi anda harus bersedia siapin uang untuk ongkos kirimnya.

      Jadi anda tetap melakukan pengiriman paket kosongan ke alamat pembeli dengan menggunakan kode resi otomatis JNT yang anda dapat, dengan begitu prosedur transaksi anda di marketplace yang menggunakan JNT akan berjalan lancar.

      Delete
  19. Pagi gan,saya Dropshiper di shopee. Sekarang dishopee sudah harus pakai Jne reg cashless padahal saya tidak stock barang. Apa solusinya dan jasa kirim apa yang harus saya aktifkan Gan.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar berbahaya tidak datang dari Shopee saja yang harus menggunakan JNE cashless (resi otomatis), melainkan Tokopedia juga demikian.

      Menurut saya kalau masih tetap dropship di dalam marketplace ya cara yang saya tahu untuk mengakali agar resi JNE cashless bisa valid di penjualan toko kita yaitu dengan melakukan pengiriman paket kosong dengan label kode booking JNE cashless dari order penjualan yang kita terima..


      Solusi alternatif lainnya paling gampang dan ga ribet ya mulai menggunakan stok produk (budget disesuaikan kemampuan masing - masing).

      Cara lainnya ya jangan dropship di dalam sistem marketplace, cukup ambil supplier dari marketplace aja itu lebih baik.
      Nah jual produknya di sosial media, maka terbebas dari aturan sistem input resi..

      Delete
    2. Saya dropship dari tokopedia ke shopee. Suplier satu kota dengan toko saya. Untuk dropship kan hanya bisa jne non cashles. Tp saya tidak bisa mengaktifkan jne reg non cashles. Bagaimana ya tolong bantuanny

      Delete
    3. Iya ini jujur saja sudah mulai cukup susah menjalankan dropship ke marketplace..

      Kalau masih satu kota dengan supplier bisa sich ngakalin pakai paket kosongan dengan mengirimkan ke kurir agar mendapatkan kode booking cashless bisa berjalan.

      Mau lebih aman lagi bisa TAPI ada repotnya tinggal minta ambil barang aja sendiri di supplier yang satu kota, kemudian anda packing sendiri dengan label kode booking cashless.

      Delete
  20. Klw jne yes bisa gk k,soalya pngn dropship makanan suplayer cuma pakek jne yes aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini jualannya dimana dulu?

      Jaul di marketplace ya bisa saja pakai JNE YES kalau hanya mengambil dari 1 supplier saja dan supplier tersebut juga menyediakan pengiriman JNE YES.

      Namun perlu diperhatikan aturan terbaru khusus pengiriman menggunaka JNE sudah menggunakan resi otomatis (cashless / non tunai).

      Sepertinya sulit dilakukan dropship lintas marketplace antara Tokopedia ke Shopee atau sebaliknya.

      Sedangkan aturan lama yang telah berlaku yaitu dilarang melakukan internal dropship (menjual barang di marketplace yang sama dari supplier berjualan).



      Semua kalimat saya di atas akan selesai sendirinya kalau dropship anda lempar ke luar marketplace, contoh jualan via FB, IG dan WA.

      Delete
  21. Kak, kalau beda jasa kurir bisa input resinya ga? misal pembeli saya beli di toko saya dgn menggunakan JNE OK, kemudian saya beli ke supplier dgn jasa kurir si cepat. Apakah bisa resinya saya masukan ke JNE OK tsb.? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa coba minta CS atau admin marketplace untuk membantu agar pengiriman dengan JNE OKE bisa digantikan dengan resi SiCepat.

      Saya saran saja tetap kirimkan paket kosongan ke JNE terdekat agar penjualan anda dengan JNE OKE tetap bisa berjalan normal.

      TAPI ingat hitung dulu profit penjualannya masih bisa buat ongkos kirim paket kosongan dengan alamat penerima apa tidak.

      Delete
  22. Kak.. kalo suplier di shopee pake nya J&T express. Aku jualan di bukalapak harus pake jasa kirim apa biar resinya bisa diinput?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jujur saja ini hanya ada kabar buruknya, jawabannya adalah tidak bisa.

      Lintas marketplace sudah benar, TAPI resi otomatis dari JNT tiap marketplace itu berbeda.

      JNT Shopee saat ini menggunakan kode bagian depan dengan huruf JP, sedangkan di Bukalapak menggunakan kode JB.

      Jadi kalau mau langsung potong kompas dengan copy paste resi otomatis lintas marketplace, jawabannya TIDAK BISA.

      Cara satu - satunya saat ini yang saya tahu, dropshipper harus siap uang untuk ongkos kirim paket kosong dengan menyertakan resi otomatis dari order penjualan dropshipper itu sendiri. Gunanya supaya untuk mengakali agar order penjualan dropshipper dinyatakan valid terkirim, dan tinggal menunggu buyer konfirmasi penerimaan barang.

      Delete
  23. Kalau misalkan saya dropship di shopee, si supplier di tokopedia, tapi saya ordernya by WA itu gimana ya soal resi otomatis nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm ini sekalian meluruskan pemahamannya juga ya..

      Kalau order melalui WA berarti sama saja itu order tidak melalui sistem marketplace.

      Tidak peduli supplier mau jualan di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada kalau order langsung transfer ke rek supplier berarti itu sama saja tidak melalui sistem marketplace.


      Jadi kalau supplier bersedia menerima orderan melalui WA, maka anda bisa minta tolong kepada supplier menuliskan kode booking / resi otomatis yang anda dapat dari penjualan di Shopee pada saat supplier membungkus paket pesanan anda.

      Kalau ada supplier yang sanggup membantu menuliskan kode booking anda dengan benar dan teliti, pertahankan supplier tersebut karena cukup sulit mencari supplier besar yang bersedia nulis - nulis kode booking / resi otomatis dari dropshipper lepas (makelar lepas / bukan reseller terdaftar).

      Delete
    2. Bang berarti kalau order lewat wa kita tinggal kirim resi otomatisnya terus nungguin barang dikirim atau kita juga harus minta bantuan support shopee untuk ubah status menjadi terkirim?

      Delete
    3. Benar kalau supplier sudah mengirimkan paket dengan kode resi otomatis dari anda, maka cukup menunggu update resi dari sistem Shopee setelah paket masuk kurir pengiriman.

      Delete
  24. Mas , sebelumnya saya mau terima kasih karna dari artikel dan pertanyaan para pembaca bantu banget buat newbie yg mau dropshipping.

    Sekalian mau nanya nih yak

    Saya pilih dropship dari shopee dijual ke tokopedia.
    Nah, suppliernya nyediain JNE YESS (cashless), JNE REG (cashless), JNT Express, Pos Kilat Khusus, Ninja Express (tapi kurir tidak tersedia).

    Sedangkan dari semua itu, di tokopedia yg ga AWB otomatis cuma Pos Kilat Khusus.. PKK ni pake resi manual kan mas ? Berarti pilihan saya cuma 1 ini atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kurir POS Kilat Khusus saat ini masih bisa menggunakan resi manual, baik itu di Shopee dan Tokopedia.

      Kalau supplier di Shopee dan menyediakan kurir pengiriman JNE YESS (cashless), JNE REG (cashless), JNT Express, dan Pos Kilat Khusus berarti pilihan satu - satunya yang bisa input resi manual saat ini hanya POS saja.



      Delete
  25. Terima kasih penjelasannya sebelumnya mas

    Saya juga mau bertanya, saya dropship dari shopee ke tokopedia, di tokped untuk mengaktifkan bebas ongkir harus menggunakan jasa pengiriman anteraja regular, sedangkan supplier saya menggunakan j&t
    Dan Barusan ada masuk orderan customer saya memilih jasa pengiriman anteraja regular, sdgkan saya pesan ke supplier dgn j&t
    Itu bagaimana mas dengan resinya?

    Dan mengenai wajib tulis kode booking di tokopedia itu juga bagaimana mas?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm kalau kasusnya cukup rumit juga..

      Ya kemungkinan masih bisa ya akalin kode booking AnterAja di Tokopedia agar tetap bisa lanjut ke proses pengiriman, ya masih sama caranya dengan kirim paket kosongan dan jangan lupa memberi label tulisan kode booking AnterAja yang anda dapat..

      Sekali lagi kalau beda kurir udah jangan harap bisa potong kompas mengenai input resinya..

      Supplier pake kurir A, kita dropshipper pake kurir B udah jangan pernah berharap proses input resi bisa menjadi mudah..

      Secara kurir sama saja sudah repot karena terkena kode booking / resi otomatis, soalnya tiap marketplace mempunya kode booking berbeda walaupun kurirnya sama.




      Solusi pakai kurir POS, Wahana, dan TIKI karena ketiga kurir ini masih menggunkan input manual.

      TAPI memang tidak semua supplier menggunakan salah satu atau ketiga kurir di atas, sulit juga kan..



      Solusi terakhir kalau tidak mau ribet kena proses input resi, cobalah untuk menjual atau melempar barang keluar marketplace maka proses transaksi akan terbebas dari sistem marketplace yang cukup merumitkan dropshipper.

      Delete
  26. Halo kak mau tanya apakah ada langkah2 untuk mengisi resi secara manual di tokopedia apabila supplier dr shopee begitupula dengan sebaliknya. Jujur saja, saya masih bingung dengan cara melakukannya. Terima kasih sebelumnya sudah menjawab dan membuat artikel ini. Saya merasa tercerahkan sebelum memasuki dunia dropshipper ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya kita sebagai dropshipper harus mengetahui kurir mana saja yang masih bisa menggunakan resi manual di dalam sistem marketplace.

      Singkat saja kalau dari kasus ini, dropship lintas MP antara Shopee ke Tokopedia dan sebaliknya maka kurir yang saat ini cocok untuk digunakan hanya POS.

      Mengenai langkah untuk input resi sebetulnya sangat mudah tinggal copy paste resi yang anda (dropshipper) dapat dari supplier anda, kemudian langkah selanjutnya paste atau ketik saja di kolom input resi penjualan anda.

      Satu lagi jangan lupa lokasi toko anda (dropshipper) harus disamakan dengan lokasi toko supplier di marketplace, ini sebetulnya sudah aturan wajib selain itu untuk mengurangi resiko rugi ongkos kirim juga .

      Delete
  27. selamat siang kak, minta info dong untuk kurir yang masi bisa input resi manual untuk saat ini per bulan Oktober 2020, kurir dan marketplace apa aja ya? soalnya saya baru mau coba Dropshiper
    terimakasih sebelumnya udah mau jawab dan buat artikel yang sangat membantu ini jadi bisa nambah wawasan saya yang mau mulai Dropship :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi yang saya dapat untuk pilihan kurir pengiriman paket support resi manual saat ini.
      - POS
      - TIKI
      - Wahana Express

      Informasi ketiga kurir itu saya cek dari 3 marketplace Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

      Delete
  28. Permisi kak, idzin bertanya. Apakah jne reguler di tokopedia masih menggunakan resi manual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JNE REG di Tokopedia sudah menggunakan resi otomatis (cashless / non tunai).

      Kurir JNE sudah tidak semudah dahulu kala, saat digunakan untuk dropshipping..

      Delete
  29. Izin bertanya kak, untuk tokopedia sekarang jne sudah awb, tapi apakah jika input nya di hp bisa diinput manual kak ?
    Dan untuk pos apakah masih bisa input manual gan ?
    Dan untuk bukalapak sebaikny menggunakan kurir aPa kak untuk dropsip. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tokopedia JNE sekarang sudah menggunakan resi otomatis atau resi cashless, yang di mana itu resi langsung muncul dari sistem Tokopedia dengan JNE.

      POS saat ini masih menggunakan input resi manual di semua marketplace Indonesia.

      Bukalapak untuk resi manual bisa menggunakan POS, TIKI, dan Wahana.

      Jangan lupa pastikan terlebih dahulu supplier anda di marketplace apakah juga menggunakan POS, TIKI, dan Wahana apa tidak.

      Delete
  30. Ka mau tanya dong
    Saya dropship dari BL KE TOKPED
    Kalo kirim paketan kosong pake kode booking yg kita dapet dari orderan sedangkan supplier di Jakarta saya di Bandung tapi alamat toko sudah sama seperti supplier

    Apakah akan profit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya luruskan terlebih dahulu..

      Kalau realita tempat tinggal anda di Bandung, hanya saja identitas toko online anda di marketplace menggunakan alamat yang sama denga supplier anda di Jakarta, ARTINYA perhitungan sistem marketplace akan menghitung ongkos kirim berdasarkan informasi alamat toko online anda yaitu kota Jakarta.




      Nah sebelum berbicara akan untung atau rugi, yang perlu di waspadai adalah kode bookingnya..



      Kenapa??
      Soalnya kode booking berisi informasi pengirim dan penerima..

      Informasi pengirim adalah dari kota Jakarta (karena anda menyamakan alamat supplier)

      Nah masalahnya anda berada di Bandung tapi isi informasi kode booking anda berasal dari Jakarta.

      Saya belum tahu apakah pihak kurir di Bandung mau menerima paket kosongan dengan kode booking tersebut atau tidak.








      Solusi alternatif bisa sich, minta tolong supplier Jakarta untuk kirim amplop kosongan dengan di tulis kode booking yang anda dapat..

      Jadi supplier Jakarta kirim 2 paket, paket berisi barang pesanan dan paket kosong dengan kode booking dari anda..







      Solusi - solusi di atas hanya dari nalar dan logika saja, berdasarkan pengalaman saya berjualan di marketplace..

      Ada baiknya juga anda coba diskusi sesama teman - teman yang bermain dropship juga..

      Delete

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Popular posts from this blog

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook

Penjual Akun dan Jasa Fake Order Marketplace Lokal Indonesia