tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Mudah Mengelola Album Foto Google


Cara Mudah Mengelola Album Foto Google

Bagi pengguna sosial media khususnya Google+ atau yang biasa dibaca Google Plus mungkin sedikit merasa kesulitan dalam hal menghapus atau mengelola foto pada sosial media tersebut. Pada artikel ini saya sedikit berbagi tips mengenai cara mengelola foto - foto yang pernah kita upload di layanan Google dan yang saya maksud disini bukanlah sebatas layanan Google+ namun layanan lainnya seperti Blogger dan Google Drive. Seperti yang kita ketahui bahwa layanan pengelola foto yang bernama Picasa. Picasa Web Albums milik Google sudah tidak aktif lagi, tapi tidak perlu bingung karena Google masih menyediakan layanan pengelola foto dengan membuka link ini Google Album Archive (Harus login akun Google atau Google Mail terlebih dahulu)

Tampilan halaman depan Google Album Archive

Screenshot Album Archive

Pada contoh gambar di atas adalah tampilan halaman depan Google Album Archive dimana kumpulan foto dari Google Plus, Blogger dan Google Drive bisa muncul disini. Mungkin layanan Google Album Archive ini cukup berguna bagi pemilik blogspot yang dikarenakan pada halaman Blogger tidak ada fitur untuk pengelola foto, maka kesulitan pengguna Blogger yang ingin menghapus foto bisa melakukan proses penghapusan tersebut melalui Google Album Archive. Perlu diketahui layanan Google Album Archive ini hanya memungkinkan kita untuk backup atau download foto - foto yang telah kita upload ke layanan Google dan menghapus foto - foto yang tidak kita perlukan lagi, sedangkan fitur pengelola folder (Membuat folder atau menghapus folder) saat ini masih belum tersedia di Google Album Archive.

Kesimpulan

Menurut saya dengan adanya fasilitas Google Album Archive kita lebih mudah untuk mengatur koleksi foto atau gambar yang ada di akun Google kita, termasuk salah satunya gambar - gambar yang pernah kita posting di sebuah halaman blog. Pada halaman Blogger tidak ada opsi untuk menghapus gambar yang sudah kita upload, gambar yang pernah kita upload otomatis akan tersimpan di akun Gmail kita. Meski juga kita telah menghapus gambar melalui halaman postingan Blogger tapi file asli gambar tersebut masih tersimpan di akun Google kita.

Selain berguna untuk dunia blogging dengan topik berita atau informasi, layanan ini juga penting digunakan apabila kita menggunakan media Blogger sebagai sarana publikasi bisnis kita.
Kenapa bisa seperti itu? Kita bisa bayangkan sendiri apabila kita berjualan atau menawarkan jasa yang tentunya informasi tersebut memiliki gambar - gambar pendukung dengan tujuan untuk membuat pengunjung lebih mengerti tentang apa yang kita tawarkan, namun suatu ketika produk atau layanan jasa tersebut sudah tidak lagi berlaku TAPI gambar dari konten kita masih nampak di mesin pencari. Maka tidak menutup kemungkinan pasti akan banyak menerima pertanyaan yang sebetulnya tidak perlu dipertanyakan lagi mengenai ketersediaan produk atau layanan jasa tersebut, hanya karena ada pengunjung yang menemukan konten kita melalui gambar dari mesin pencari.

Inilah peran Google Album Archive untuk membantu kita lebih mudah mengelola foto dan gambar yang ada di akun Google kita.
Sampai disini dulu informasi seputar layanan pengelola foto dari Google, semoga informasi ini berguna bagi kita yang ingin mengelola foto dan gambar pada akun Google kita.
Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

9 comments:

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Cara Riset Produk dan Mengetahui Supplier yang Profesional di Marketplace

Memulai membuka usaha online zaman sekarang sangatlah mudah dan sangat berbeda jauh dengan beberapa tahun lalu, bahkan tren saat ini yang s...