tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Memahami Jenis ROM MIUI Pada Ponsel Xiaomi


Jenis ROM MIUI

Merk Xiaomi sangat terkenal di kalangan penggiat teknologi khususnya smartphone dengan sistem operasi Android. Kita tahu detik ini juga semua peralatan komunikasi sudah berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya yang hanya bisa digunakan untuk telepon atau SMS, peralatan komunikasi sekarang ini sudah memiliki sistem operasi yang di packing menjadi sebuah ROM (Read Only Memory) lebih canggih.

ROM pada setiap merk smartphone atau tablet selalu memiliki ciri khas tersendiri walaupun sama - sama menggunakan sistem operasi Android dan ROM hasil karya developer pabrik smartphone tersebut pun di branding (diberi nama) tersendiri untuk itu.

Contoh ROM milik produsen smartphone apa yang cukup terkenal? Seperti judul artikel ini, salah satu di antara beberapa produsen smartphone papan atas yang membuahkan hasil karya ROM terkenal yaitu Xiaomi selaku produsen serta developer resmi ROM MIUI.
Penasaran seperti apa ROM MIUI tersebut?

Mengenal ROM MIUI

Contoh tampilan UI ROM MIUI 8
contoh tampilan ROM MIUI

ROM MIUI terkenal dengan UI (User Interface) yang hampir menyerupai UI milik perusahaan smartphone lain yang juga sangat terkenal akan kualitas premiumnya. Tapi hal ini pastinya bukan karena kehabisan ide ya, MIUI masih tetap memiliki ciri khas tersendiri dan tidak ketinggalan yaitu sumber kode yang digunakan oleh MIUI adalah sumber kode dari sistem operasi terbuka Android.

Beberapa poin keunggulan ROM MIUI

  1. ROM MIUI dikhususkan untuk smartphone atau tablet milik produsen Xiaomi itu sendiri, walaupun ada developer pihak ketiga yang mencoba membuat ROM menyerupai MIUI untuk merk ponsel android lainnya tapi masih tetap lebih optimal ROM MIUI untuk perangkat Xiaomi.
  2. Design UI yang simple tapi tidak monoton.
  3. Efek animiasi dan transisi yang halus.
  4. Penggunaan RAM yang tergolong standart tidak terlalu kecil juga tapi masih sanggup memberikan ruang kosong untuk proses multitasking.
  5. Proses multitasking (membuka beberapa aplikasi) yang cukup ringan.
  6. Frekuensi pembaruan versi ROM yang cukup sering untuk menambal atau memperbaiki beberapa hal yang tergolong pemicu sebuah bug pada sistem dan tentunya juga bertujuan untuk peningkatan performa ROM MIUI itu sendiri.

Jenis ROM MIUI

Berikut beberapa jenis ROM yang wajib kita ketahui apabila kita ingin membeli smartphone dan tablet Xiaomi, atau kita ingin belajar otak - atik ROM Xiaomi.

ROM China

ROM MIUI China yang dikhususkan untuk produk Xiaomi wilayah China saja, ROM china ini memiliki beberapa perbedaan dengan ROM MIUI lainnya.

ROM Global

ROM MIUI Global bisa digunakan untuk wilayah internasional termasuk Indonesia, tentunya dukungan bahasa Indonesia pun juga tersedia.

ROM Dev/ beta rom

ROM MIUI yang masih berstatus uji coba atau beta version ini belum di rekomendasi untuk digunakan untuk kalangan umum, tapi kalau kita seorang developer mungkin ROM MIUI versi uji coba ini sangat berguna.

Stable ROM

ROM MIUI yang sudah mendekati sempurna dengan kemungkinan yang leih kecil ditemukan bug pada sistem, ROM versi stable ini sudah layak digunakan untuk kalangan umum selain developer itu sendiri.

Refrensi informasi

Informasi mengenai ROM MIUI atau gadget Xiaomi sudah sangat banyak bertebaran di dunia maya, informasi yang saya tulis ini adalah informasi yang bersumber dari halaman Balidev. Artikel lainnya seputar teknologi atau informasi yang berkaitan dengan Xiaomi cukup banyak yang dibahas di halaman Balidev dan salah satunya adalah artikel mengenai Perbedaan ROM MIUI Pada HP Android Xiaomi yang menjadi sumber refrensi artikel ini "Jenis ROM MIUI Pada Ponsel Xiaomi"

Sampai disini dulu informasi seputar ROM MIUI, semoga informasi ini cukup memberikan penjelasan yang jelas bagi kita pengguna produk Xiaomi dan calon pengguna baru produk Xiaomi.

Artikel ini ditulis oleh
Techrevolution90

4 comments:

  1. dulu sering otak atik ROM Ponsel Xiaomi ane, tapi karna kerusakan pada wifi nya gak bisa di perbaiki, jadi di jual deh :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah perangkat keras wifi bisa sampai rusak gan?

      Delete
  2. Katanya orang kalau gagal upgrade
    Bahasa bisa ganti ke bhs china
    Itu apa pengaruh dari ROM china mas
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa pada perangkat Xiaomi khususnya smartphone atau tablet seharusnya tergantung pada ROM yang dipakai, kalau menggunakan ROM versi global tentunya akan tersedia bahasa interasional. Minimal bahasa inggris masih ada..
      Lebih detil dan jelas coba cek artikel seputar Xiaomi di Balidev gan..

      Delete

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Cara Riset Produk dan Mengetahui Supplier yang Profesional di Marketplace

Memulai membuka usaha online zaman sekarang sangatlah mudah dan sangat berbeda jauh dengan beberapa tahun lalu, bahkan tren saat ini yang s...