tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Optimalisasi Akun Facebook Page


Penjelasan singkat trik untuk mendapatkan like fanpage Facebook.

Membuat akun fanpage di Facebook termasuk salah satu cara yang tidak boleh kita lewatkan apabila kita ingin melakukan promosi bisnis atau mungkin berencana menjadi artis sosial media. Facebook sudah menjadi situs online yang memiliki pengguna terbanyak sedunia, para pemain dunia online sangat mustahil apabila belum mengetahui sosial media yang bernama Facebook. Bahkan tidak jarang juga fanpage tersebut digunakan untuk kepentingan lain selain bisnis, seperti fanpage untuk kampanye dalam dunia politik atau fanpage yang berfungsi untuk menampung suara netizen perihal berita viral.

Tapi wajib ingat ya segala bentuk atau kegiatan yang ada didalam situs sosial media baik itu di sebuah fanpage sekalipun tetap memiliki peraturan - peraturan yang berlaku untuk menjaga kenyamanan antar pengguna.

Contoh yang mungkin kita pernah tahu sendiri seperti fanpage yang digunakan untuk merusak atau menyebar konten negatif, tentu umurnya tidak akan panjang karena melanggar kebijakan fanpage yang sudah ditetapkan oleh Facebook. Jadi kalau untuk aturan saran saya jangan curi - curi kesempatan menggunakan media sosial untuk tujuan merusak, karena bukan hanya akun Facebook saja terkena banned tapi bisa sampai urusan hukum dengan kepolisian.

Setelah kita paham tujuan pembuatan fanpage itu untuk apa dan peraturan untuk membuat sebuah fanpage harus seperti gimana, dibawah ini saya akan memberikan beberapa info penting lainnya seputar optimalisasi fanpage agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain.

Melengkapi informasi profil fanpage

Sebuah halaman yang ditujukan untuk menggait follower atau pengunjung tentunya wajib memiliki informasi jelas agar pengunjung sanggup memahami konten apa yang akan mereka dapatkan. Perhatikan gambar dibawah ini, gambar dibawah ini adalah screenshot tampilan jendela pengisian profil akun Facebook Page.

Cara Optimalisasi Akun Facebook Page

Kolom - kolom yang saya beri kotak merah sangat disarankan untuk dilengkapi dan jangan dibiarkan kosong, berikut penjelasan singkat mengenai kolom - kolom itu.
  1. Categories digunakan untuk menggambarkan topik pembahasan yang akan kita posting di fanpage tersebut, contoh fanpage Techrevolution90 ini akan memiliki konten yang berkaitan dengan teknologi TETAPI kategori yang hanya menggunakan kata teknologi tidak ditemukan. Trus bagaimana?
    Kita cukup memilih kategori yang mendekati, dalam hal ini saya memilih kategori Blogger, News & Media Website, dan Article.
  2. Description termasuk informasi yang tidak mungkin kita biarkan kosong, pada bagian kolom ini wajib kita menjelaskan tentang halaman page yang kita buat.
    Seperti yang saya sudah tuliskan diatas, dengan informasi deskripsi jelas maka pengunjung atau follower akan mengerti jenis informasi yang ada di fanpage kita.
  3. Impressum ini berasal dari bahasa asing juga dan kolom ini digunakan untuk memberitahukan pernyataan kepemilikan sebuah website milik kita. Contoh saja pada bagian ini kita bisa memberitahukan juga bahwa fanpage ini adalah milik dari website atau blog Techrevolution90.
  4. Website ini sebagai kotak informasi yang sangat penting apabila kita memiliki halaman blog atau website, kita bisa mencantumkan alamat situs disini dan tentunya alamat ini akan muncul di halaman profil fanpage juga.

Mengganti URL Facebook Page

Username halaman fanpage Facebook juga perlu diperhatikan, karena username ini berfungsi sebagai alamat URL fanpage milik kita dan tentunya akan memudahkan orag lain untuk mengingat alamat tersebut.

Bagaimana cara mengganti username fanpage FB?
Caranya tidaklah sulit, cukup membuka halaman fanpage (disarankan menggunakan browser desktop atau laptop) kemudian buka bagian halaman about. Pada halaman ini akan memunculkan beberapa kolom informasi dari profil fanpage dan kolom username yang nantinya berguna sebagai URL.
Perhatikan screenshot tampilan halaman about Facebook Page dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara mengganti username Facebook Page

Username Facebook Page tidak bisa diganti

Apakah pada saat anda mencoba mengganti username fanpage FB mengalami kendala?
Apabila tulisan yang muncul saat proses penggantian username page FB seperti ini "this page isn't eligible to have a username" seperti contoh screenshot dibawah ini.

Penyebab masalah username Facebook Page tidak bisa diganti

Penyebab permasalahan diatas karena jumlah like pada halaman fanpage tersebut belum mencapai 25 like, kita perlu mengetahui bahwa jumlah like sebanyak 25 adalah syarat minimum yang dibutuhkan untuk bisa mempunyai username.

Jadi sangat disarankan saat setelah membuat Facebook Page lengkap dengan informasi profil halaman, segera invite teman - teman FB kita sendiri. Tahap awal ini memank menurut saya pribadi bisa dibilang termasuk tahap yang susah - susah gampang, akan terasa susah apabila kita tidak memiliki banyak teman di FB atau bahkan tidak pernah bersosialisasi di sebuah group namun sebaliknya apabila kita adalah pemilik akun yang suka bersosialisasi (bukan aksi sosialisasi kelewat batas sampai alay) mencari jumlah like sampai 25 tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Baca juga : Penyebab Widget Facebook Page Tidak Muncul di Blogspot

Memilih nama Facebook Page

Nama yang saya maksud disini berbeda dengan username yang sudah saya jelaskan diatas, nama ini adalah nama yang akan terpampang dibagian depan halaman fanpage Facebook. Cara memilih nama pun juga sangat berpengaruh terhadap optimalisasi pencarian di Facebook dan penggunaan nama pun tidak diwajibkan harus sama dengan permalink Facebook Page.

Tidak menutup kemungkinan menggunakan nama yang lebih dari satu kata juga bisa, atau dengan kata lain deskripsi singkat sebagai nama fanpage.

Apakah menggunakan nama yang panjang akan mendapatkan hasil yang optimal?
Menurut saya pribadi apabila kita membuat sebuah fanpage yang masih baru dan tentunya belum dikenal banyak orang, maka penggunaan deskripsi singkat sebagai nama bisa menjadi salah satu kunci untuk memudahkan orang lain memahami jenis fanpage yang kita buat.
Tenang saja nama fanpage dan permalink pun bisa kita ganti lagi untuk kedepannya.

Perlu diketahui jangan disamakan dengan fanpage lainnya yang sudah terkenal memiliki ratusan ribu bahkan jutaan follower, mungkin kita pernah berpikir nama yang mereka gunakan sangat unik sekali bahkan tidak sedikit juga nama yang digunakan terkadang lucu saat dibaca. Walaupun dengan nama unik sekalipun, itu bukan sebuah masalah bagi mereka dan justru dari uniknya nama tersebut menjadi sebuah brand. Follower yang sangat banyak juga bisa menjadi tolak ukur seberapa kredibel fanpage tersebut walaupun namanya lucu atau unik, ini tidak mungkin dipungkiri dan kita sendiri pasti pernah melihat hal tersebut saat kita melihat Facebook Page dengan follower yang sangat banyak kemudian kita juga bersedia mengikuti fanpage itu hanya karena melihat satu sampai dua postingan yang menarik dengan ditunjang banyaknya follower.

Baca juga : Cara Optimasi Akun Instagram Bisnis

Kesimpulan

Bagi kita yang ingin melakukan kegiatan bisnis atau sebatas membuat komunitas online, kita tidak bisa hanya sebatas daftar akun kemudian membuat fanpage dan membagikan fanpage secara brutal (istilah lainnya adalah SPAM).

Mengapa saya bisa yakin trik SPAM itu tidak baik?
Trik tersebut tidak memiliki target atau bisa dibilang asal sebar tanpa melihat tempat dan tipe penggunanya, maka tidak aneh dan tidak salah juga fanpage kita sangat sulit mendapatkan follower atau minimal sebelum di follow yaitu pengujung pun sangat kecil akan penasaran membuka halaman tersebut.

Contoh :
Kita mempunyai fanpage tentang dunia hewan peliharaan rumahan, seperti informasi seputar cara pemeliharaan kucing dan anjing kemudian kita membagikan link halaman tersebut di sebuah Group Facebook komunitas pencinta otomotif khusus offroad hanya dengan alasan jumlah membernya sangat banyak.
Bisakah mendapatkan pembaca atau pengunjung?
Menurut saya masih ada kemungkinan walaupun kecil.

Tapi ingat group tersebut dibuat tidak untuk membahas seputar hewan peliharaan, tapi bukan berarti juga bahwa semua member di group itu tidak suka hewan peliharaan hanya tempatnya saja yang tidak sesuai apabila digunakan untuk membahas informasi hewan peliharaan dan pasti hasilnya pun akan sangat jauh dari yang diharapkan.

Apa hukuman bagi pelaku SPAM?
Hukuman yang umum digunakan sebagian besar tempat media sosial online bagi pelaku SPAM adalah pemblokiran akun, entah untuk sementara atau selamanya tergantung kebijakan masing - masing situs media sosial tersebut. Namun untuk Facebook yang saya tahu sebelum adanya pemblokiran biasanya akan muncul pertanyaan verifikasi untuk memastikan bahwa pengguna akun tersebut bukanlah orang yang asal menambah pertemanan untuk tujuan SPAM.

Jadi saya saran mulai sekarang kita tidak boleh menganggap remeh sebuah layanan sosial media, tidak peduli tujuan kita hanya untuk bersosialisasi atau berbisnis tetap ikutilah peraturan yang berlaku di setiap situs sosial media dan janganlah mencari musuh di dunia maya.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita untuk lebih mudah memengerti mengenai dunia sosial media.
Terima kasih.

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...