tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Jualan Barang di Marketplace Facebook


Cara Jualan Barang di Marketplace Facebook
Marketplace Facebook saat ini sangat cocok digunakan sebagai alternatif tambahan channel toko online guna mendapatkan calon pelanggan yang lebih banyak. Namun sebelum memulai berjualan di marketplace ini ada baiknya kita sebagai penjual mengetahui tips - tips di bawah ini.

Beberapa cara di bawah ini sebetulnya juga bukan tips yang rahasia banget atau mungkin berbayar, melainkan ini adalah informasi umum yang kita semua pasti mudah memahaminya TAPI karena terlalu umumnya membuat kita meremehkan beebrapa hal ini.

Apakah efeknya sangat signifikan? Tentu sangat signifikan apalagi dalam jangka waktu kedepannya.

Berikut 4 hal yang perlu kita ketahui.

Foto Terbaik dari Produk Jualanmu

Hasil pengambilan foto penampakan dari produk yang dijual sangat berpengaruh terhadap pandangan pertama calon pembeli yang melihatnya.

Ingat ini adalah perdagangan online, dimana pembeli tidak bisa melihat langsung barang yang akan di beli selain dari tampilan gambar produk dari hasil jepretan foto.

Jadi proses pengambilan gambar produk dari berbagai sisi juga sangat memiliki pengaruh besar.

Informasi Deskripsi Produk Jelas

Detil informasi produk yang dijual juga perlu diperhatikan, karena justru calon smart buyer tidak hanya melihat produk dari foto / gambar.

Mereka calon pembeli yang paham jual beli online pasti akan lebih teliti membaca dekripsi produk seiring dengan melihat gambar produk, sebelum melontarkan pertanyaan terhadap penjual.

Jadi sebelum menjual barang sangat disarankan kita sebagai penjual wajib memahami produk yang akan kita jual.

Minim informasi sama dengan minim kesempatan produk kita terjual.

Upload Foto Produk dan Tulis Informasi di Marketplace Facebook

Upload Foto Produk dan Tulis Informasi di Marketplace Facebook
Setelah mendapatkan beberapa foto terbaik dan informasi dari produk atau barang yang akan dijual, maka langkah selanjutnya adalah membuat halaman penjualan produk dengan mempostingnya di marketplace Facebook.

Pada tahap ini sangat disarankan untuk menyusun deskirpsi produk sebaik mungkin, agar nantinya calon pembeli yang membaca juga nyaman dan tidak pusing. Seperti contohnya penggunaan tanda baca dan spasi antar kalimat.

Apabila sudah selesai merangkai dan menyusun kalimat deskripsi produk maka kita perlu mempublikasi halaman produk tersebut. Pada saat proses publikasi sistem marketplace akan memberikan tawaran postingan sekaligus ke beberapa grup jual beli di Facebook, pilihlah grup yang sesuai dengan kategori produk kita jangan memilih grup yang pembahasannya terlalu beda jauh.

Perlu diketahui daftar grup jual beli yang dimunculkan oleh sistem marketplace adalah kumpulan grup yang kita sendiri sudah bergabung di dalamnya.

Wajib Mempersiapkan Mental Baja Saat Menjawab Pertanyaan

Apa hubungannya kualitas mental dengan berjualan di marketplace Facebook?
Hubungannya ada di sesi tanya jawab pastinya, layaknya kita membuka dagangan secara konvensional yaitu menjawab pertanyaan dari calon pembeli namun belum pasti 100% BELI.

Semangat dan percaya diri itu sangat dibutuhkan, namun TETAP INGAT tidak semua orang yang datang dan bertanya itu selalu membeli produk.

Ini terlihat sepele tapi kenyataan banyak pedagang online sudah capek dan kesal karena mereka tidak memiliki tingkat kesabaran yang cukup.

Alhasil mencoba jual barang dagangan di Facebook tidak umur lama kemudian malas menambah varian barang dagangan dan pasif dalam hal promosi bisnis.

Berpikir positif dulu aja pastinya kalau marketplace Facebook tidak ada yang menggunakan atau sepi peminat karena alasan tidak guna dan buang - buang waktu, sudah pasti fitur tersebut akan ditutup oleh Facebook.

Baca juga : Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook

Kesimpulan

4 hal di atas ini adalah tips paling dasar yang setidaknya harus kita miliki apabila ingin berjualan online, khususnya di platform marketplace Facebook.

Apakah wajib melakukan tips - tips di atas? Menurut saya tidak wajib, tapi sangat disarankan.

Sebetulnya kalau sebatas ingin coba - coba ya bisa saja langsung asal pasang foto barang jualan, pasang harga barang, dan judul halaman produk.

Tapi kembali lagi yang jadi tujuan utamanya apa dulu? Tujuan untuk bisnis jual beli barang atau hanya asal bikin halaman produk.

Sekian artikel mengenai jualan di marketplace Facebok, semoga tulisan ini bisa berguna bagi kita yang ingin menambah channel penjualan online di Facebook.

Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh : Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...