tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Mengetahui Pemakaian Data Internet di Android


Cara Mengetahui Pemakaian Data Internet di Android


Sebagai pengguna ponsel atau tablet android yang menggunakan kartu perdana dari operator selular sebagai sarana jaringan internet sangat disarankan untuk bisa mengetahui atau memantau pemakaian data internetnya TERUTAMA bagi kita yang menggunakan layanan paket data berbasis kuota.



Mengapa demikian, ya pastinya kita tidak inginkan kalau pulsa di kartu operator yang kita gunakan abis hanya karena pemakaian data internet melebihi kuota yang sudah kita beli sebelumnya, dengan kata lain kalau sampai sering terjadi kelebihan pemakaian data internet maka kita akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dalam penggunaan alat komunikasi digital. INGAT bukan salah alat komunikasinya, TAPI kita sendiri yang harus memahami cara kerjanya agar tidak sampai salah langkah dalam menggunakan alat komunikasi tersebut (Ponsel atau tablet Android)

Oke langsung tahap - tahapnya
  1. Buka menu pengaturan / setting
  2. Buka penggunaan data / data usage
  3. Lihat pada bagian tab seluler / cellular
Cara Mengetahui Pemakaian Data Internet di Android

Pada gambar di atas kita bisa melihat besar data internet yang telah kita pakai dalam jangka waktu tertentu. Informasi pemakaian data pada gambar di atas sangatlah penting untuk kita supaya kita bisa lebih menggunakan layanan internet lebih bijak.

Sedangkan untuk detil penggunaan data pada setiap aplikasi juga bisa kita pantau, ambi contoh saja seperti gambar diatas ada aplikasi BBM dan Instagram yang dapat dilihat. Pada detil penggunaan data aplikasi ada 2 informasi yang tertera Foregorund dan Background. Foreground di dalam sistem android bisa di artikan sebagai aktifitas depan layar, sedangkan Background bisa diartikan sebagai aktifitas belakang layar.

Nah dalam kasus ini maka bisa disimpulkan Foreground adalah aktifitas pemakaian data keluar data masuk pada saat kita membuka aplikasi tersebut (chat BBM atau browsing Instagram) dan Background adalah aktifitas data keluar masuk pada saat kita sudah tidak lagi membuka aplikasi tersebut (BBM selalu online untuk menerima notifikasi chat bbm dan group bbm atau Instagram siaga memberikan notifikasi apabila ada follower atau komentar dari pengguna lain).

Cukup masuk akal bukan mengapa ponsel atau tablet dengan sistem operasi Android sangat sering menggunakan komunikasi data internet. Gampangnya gini kalau kita ingin menerima notifikasi chat BBM TETAPI kita tidak mau menggunakan jaringan internet, trus gimana cara notifikasi BBM tersebut bisa sampai ke kita? Tidak mungkinkan melalui SMS hehehehhee...

Sekian artikel mengenai "Cara Mengetahui Pemakaian Data Internet di Android"
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.
Terima Kasih

Baca juga
Cara Menonaktifkan Auto Update Aplikasi Android
Fungsi Jaringan Internet di Android
Cara Cek Kuota Internet Operator Indonesia
Cara Mengetahui Pemakaian Data Internet di Android

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...