tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Membuka Website Terblokir Menggunakan DNS


Cara mudah membuka website yang diblokir oleh pemerintah

Bagi penguna internet kelas berat pasti sangat menyedihkan apabila website yang sering kita kunjungi terkena blok oleh pihak tertentu. Namun wajib kita ketahui situs yang terkena blok pasti memiliki alasan atau penyebab dan tidak mungkin pemblokiran halaman itu dilakukan oleh perorangan, melainkan pemerintah yang bekerja sama dengan penyedia jasa layanan internet yang memiliki hak untuk memblokir situs - situs yang melanggar kebijakan.

Sebagai contoh di negara Indonesia mempunyai aturan keras dalam hal penggunaan internet, aturan seperti pembuatan situs judi atau bahkan situs dewasa sangatlah bertentangan dengan kebijakan yang berlaku di Indonesia. Bahkan akhir - akhir ini situs penyedia streaming film (bukan film dewasa) pun ikut terkena sorot dan kemudian masuk kategori situs yang di blacklist, tentu hal tersebut dikarenakan website streaming itu secara tidak langsung digunakan untuk menyebarkan film - film bajakan.

Solusi membuka website yang terblokir

Lantas bagaimana caranya untuk tetap bisa membuka website yang menurut kita tidak perlu diblokir?
Salah satu cara yaitu mengganti DNS (Domain Name System), trik ini menurut saya lebih mudah daripada harus menggunakan proxy.
Berikut daftar DNS yang bisa di coba
  1. Preferred DNS server 8.8.8.8
    Alternate DNS server 8.8.4.4
  2. Preferred DNS server 4.2.2.2
    Alternate DNS server 4.2.2.1
Isikan DNS tersebut pada kolom preferred DNS server dan alternate DNS server.

Cara mengganti DNS

Caranya sangatlah mudah apabila menggunakan Windows 7 Ultimate
Buka Control Panel > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings

Pada menu Change Adapter Settings pilihlah network adapter yang sedang online kemudian klik kanan dan pilih status. Gambar penjelas ada dibawah ini

Cara Membuka Website Terblokir

Setelah membuka menu status pada network adapter pilihlah properties > TCP/IPv4 > properties
Pada menu properties TCP/IPv4, pilih opsi use the following DNS server addresses
Isikan angka DNS server yang tadi saya tuliskan diatas.

Cara Membuka Website Terblokir

Kesimpulan

Trik untuk membuka website yang diblokir ini mungkin terkesan cara ilegal, tapi menurut saya pribadi diluar perihal legal atau ilegal adalah kembali lagi ke pengguna internetnya sendiri. Motif apa yang digunakan netizen untuk membuka website yang diblokir tersebut, karena sebenarnya bukanlah situs online yang merusak kehidupan pengguna internet. Berselancar di dunia maya itu bebas, tapi ingat jangan disalahgunakan kebebasan tersebut untuk kepentingan pribadi bahkan sampai merugikan pihak lain.

Sampai disini tutorial membuka situs yang terkena blokir, semoga informasi yang saya bagikan ini bisa berguna bagi kita pengguna internet.
Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

2 comments:

  1. Bermanfaat nih gan, buat nambah pengetahuan. Tapi bisa disalah gunakan juga, oleh orang-orang yang suka konten berbau dewasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan resiko emank adalah pengguna internet itu sendiri.. Sebenarnya mau di blokir atau nggak, tetap tergantung tujuan masing - masing pengguna koq gan.

      Cuman kalau dilihat lihat seperti situs streaming film atau video hosting yang sebenarnya tidak perlu harus sampai di blokir, toh juga diluar dunia maya seperti di dunia nyata juga masih banyak yang jualan film bajakan sama persis seperti yang ada di situs streaming.

      Jadi trik ini sebenarnya juga sudah banyak yang mengetahui, hanya ingin ikut berbagi aja..

      Delete

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...