tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Android 6.0 Marshmallow Nexus 5


Android 6.0 Marshmallow Nexus 5

Android 6.0 Marshmallow 2015


Android 6.0 Marshmallow adalah versi Android terkini tahun 2015 bagi ponsel atau tablet dengan sistem Android dan tentunya pembaruan terbaru ini akan selalu diberikan pertama kali untuk deretan ponsel atau tablet Nexus (Besutan Google). Bagaimana dengan ponsel atau tablet selain seri Nexus, kalau itu saya jujur tidak bisa menjawab dan lebih baik saya sarankan untuk selalu cek info terbaru dari vendor ponsel atau tablet yang berkaitan karena mereka biasanya akan memberikan pengunguman mengenai jadwal pembaruan sistem operasi Android besutannya.


Review Android 6.0 Marshmallow Nexus 5


Setiap pembaruan pasti ada suatu fitur baru tambahan atau peningkatan performa dan sebagainya, ya betul sekali pada artikel ini saya mencoba membagikan informasi mengenai sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ini dengan perangkat LG Nexus 5.

Android 6.0 Marshmallow Nexus 5
Tampilan Lockscreen & Status Bar
Tampilan
Mengenai locklscreen dan tampilan atau launcher yang digunakan pada Android 6.0 Marshmallow tidak memiliki perbedaan yang banyak. Aplikasi Google Now pun masih memiliki posisi yang sama yaitu di sebelah kiri homscreen, hanya dengan menggeser layar ke kanan maka kita langsung dapat melihat informasi dari Google Now. Tombol app draw tetap terletak pada posisi tengah yang kita bisa gunakan untuk menuju menu aplikasi pada gadget kita. Mengenai tampilan pada app drawer masih tetap menggunakan efek vertical sliding yang sudah bisa dirasakan pada versi Android sebelumnya.

Android 6.0 Marshmallow Nexus 5
Tampilan  Memory RAM
Memory RAM
Tampilan menu memory RAM terlihat lebih ringkas dibandingkan dengan versi Android sebelum Marshmallow. Posisi menu memory RAM pun diletakkan pada halaman depan menu setting, yang sebelumnya kita harus membuka setting > apps > running apps. Mengenai total kapasitas memory RAM yang terbaca sebesar 1.8GB, menurut saya jumlah tersebut sudah cukup wajar dengan 200MB di lock untuk system Android 6.0 Marshmallow pada Nexus 5.

Android 6.0 Marshmallow Nexus 5
File Manager pada Android 6.0 Marshmallow
File Manager Android 6.0 Marshmallow
Nah kalau yang satu ini saya rasa termasuk fitur terbaru yang belum diberikan pada versi Android sebelumnya, umumnya kita sebagai pengguna Android akan menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan ekplorasi data - data yang ada pada internal storage Nexus kita. Semenjak Android 6.0 Marshmallow fitur file manager sudah bisa gunakan tanpa download aplikasi tambahan, tapi saya beritahu terlebih dahulu mengenai detil kemampuan file manager standart pada Android 6.0 Marshmallow ini sangatlah minim jangan dibayangkan bisa memiliki fitur cloud server, FTP server, wifi file transfer, dan sebagainya. Kita bisa membuka file manager Android 6.0 Marshmallow dari settings > storage & USB > explore.

Android 6.0 Marshmallow Nexus 5
USB OTG Android 6.0 Marshmallow
USB OTG Android 6.0 Marshmallow
Fitur yang satu ini adalah salah satu fitur yang sangat penting bagi pengguna ponsel atau tablet Android, USB OTG (On The Go) memungkinkan ponselatau tablet Android sanggup membaca perangkat yang terkoneksi melalui port mikro USB pada bodi ponsel atau tablet Android. Kabar baik yang datang dari sistem operasi Android terbaru 2015 ini yaitu Android 6.0 Marshmallow memperbolehkan perangkat Nexus untuk bisa membaca flashdisk yang terkoneksi pada perangkat Nexus dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow tanpa ROOT. Menurut saya ini termasuk pembaruan yang sangat berguna karena pada Android versi sebelumnya secara default fitur USB OTG tidak diperbolehkan kalau kita belum memiliki akses ROOT pada Nexus kita.

Android 6.0 Marshmallow Nexus 5
Nexus 5 Android 6.0 Marshmallow CPU Z

Android 6.0 Marshmallow Nexus 5
Nexus 5 Android 6.0 Marshmallow Antutu

Android 6.0 Marshmallow Nexus 5
Nexus 5 Android 6.0 Marshmallow Nenamark 2

Hasil Benchmark Nexus 5 Android 6.0 Marshmallow
Pembaruan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow pada Nexus 5 secara perfoma pada hardware tidak terlalu membawa perubahan yang besar, yang bisa terlihat ada perubahan yaitu pada perangkat lunak Nexus 5. Score Antutu mendapatkan 20701 dan Nenamark 2 mendapatkan 60 Fps, hasil ini termasuk wajar bagi spesifikasi yang tergolong high-end bagi Nexus 5 ini.

Sekian informasi mengenai review Android 6.0 Marshmallow Nexus 5, semoga informasi ini dapat menamb wawasan kita seputar Android terbaru 2015 ini.
Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...