tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Beberapa Jenis Lisensi di Sistem Operasi Windows 10


3 Jenis Lisensi Windows 10

Windows 10 adalah produk sistem operasi terbaru keluaran Microsoft saat ini (Saat tulisan ini dibuat dan dipublish), pastinya semua pengguna komputer, laptop, dan gadget pun tidak akan merasa asing dengan sistem operasi Windows 10 ini. Lanjut ke topik utama artikel mengenai lisensi Windows 10, lisensi pada Windows 10 ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu lisensi OEM, lisensi retail, dan lisensi volume. Ketiga lisensi itu dibuat berdasarkan tujuan penggunaannya, berikut penjelasan setiap jenis lisensi Windows 10.

Penjelasan jenis lisensi pada Windows 10

  • OEM : Kepanjangan dari Original Equipment Manufacture. Lisensi ini dikeluarkan oleh perusahaan vendor, dan jenis lisensi ini tidak dapat dipindahkan ke mesin lain. Dengan. Jadi misalnya, jika sebuah Laptop sudah pre-install dengan Windows 10 didalamnya, maka Lisensi OEM lah yang tertanam didalamnya dan tidak dapat dipindahkan lisensinya ke laptop lain.
  • Retail : Lisensi yang biasa disebut FPP (Full Packed Product). Biasanya didapatkan ketika kamu membelinya di toko retail ataupun secara online. Berbeda dengan lisensi OEM, kamu bisa memindahkan lisensi Retail dari PC 1 ke PC lainnya.
  • Volume : Lisensi ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki PC yang banyak. Lisensi Volume ini bisa mengaktivasi lebih dari 1 mesin, banyaknya tergantung dari Volume Licensing Agreements yang dibuat antara perusahan dan penjual lisensi. Untuk lisensi jenis ini digunakan oleh Edisi Windows 10 Enterprise.

Ketiga jenis lisensi dari Windows tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kita yang ingin menggunakan sistem operasi tersebut, khususnya untuk penggunaan dalam hal urusan bisnis sangat disarankan memakai yang orisinil atau Windows asli.

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90
Sumber :
http://winpoin.com/kenali-jenis-lisensi-oem-retail-dan-volume-di-windows-10/

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Cara Riset Produk dan Mengetahui Supplier yang Profesional di Marketplace

Memulai membuka usaha online zaman sekarang sangatlah mudah dan sangat berbeda jauh dengan beberapa tahun lalu, bahkan tren saat ini yang s...