tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Bisnis Online Tidak Perlu Modal Besar


Bisnis Online Itu Mudah
Bisnis pada zaman sekarang sudah memiliki perkembangan yang sangat pesat dibanding dengan zaman sebelumnya yang mungkin harus meluangkan waktu dan tenaga lebih tinggi untuk menjalankannya. Para pelaku bisnis saat ini sudah lebih mahir dan ahli dalam menggunakan teknologi guna menunjang operasional perusahaannya.

Teknologi yang saya maksud ini adalah teknologi jaringan online atau bahasa kerennya online network. Lantas apa hubungannya perkembangan teknologi jaringan online dengan jenis bisnis saat ini?

Hubungannya terdapat pada penggunaan jaringan online didalam sebuah perusahaan yang tentunya untuk meningkatkan kinerja dari sektor pemasaran.

Jadi jangan heran apabila saat ini sebuah tempat usaha yang sudah menggunakan jaringan online akan lebih mudah ditemukan dan bahkan bisa memiliki pelanggan yang lebih banyak dari sebelumnya.

Penggunaan jaringan online dalam dunia bisnis

Contoh kecil yang pasti terlihat dan pasti kita juga mengetahui itu, yaitu jenis bisnis dagang atau jual beli barang.

Bisnis dagang yang umum kita tahu adalah suatu usaha yang memiliki sebuah tempat atau toko secara fisik terlihat dan bisa dikunjungi oleh calon pembeli, tapi itu adalah metode bisnis yang sudah lama dilakukan bahkan sampai saat ini.

Adanya perkembangan teknologi didalam sebuah jaringan online memberikan dampak positif bagi pelaku bisnis tersebut, yang sanggup membantu meningkatkan performa usaha jual belinya.

Selain daripada performa sebuah bisnis, faktor lain seperti modal dan waktu pun akan lebih efisien karena sebuah bisnis yang sudah menggunakan jaringan online tidak diwajibkan memiliki modal untuk sebuah tempat atau toko fisik dan penggunaan waktu yang diharuskan untuk menjaga toko tersebut.

Jaringan online yang digunakan sanggup untuk membantu calon pembeli atau customer menemukan segala macam toko atau barang yang dijual dan pelaku bisnis atau pemilik toko tidak harus menunggu pun akan ada pemberitahuan apabila ada pembeli yang melakukan pembayaran untuk membeli sebuah barang yang dijual.

Menurut saya ini adalah sebuah perkembangan teknologi jaringan online yang sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis, tidak hanya bisnis jual beli saja melainkan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa pun bisa ikut merasakan mudahnya menjalankan bisnis online.

Hal apa saja yang diperlukan untuk sebuah bisnis online?

Sebuah bisnis yang menggunakan jaringan online sudah pasti sanggup meningkatkan efisiensi operasional bisnis tersebut, tapi bukan berarti kita tidak memiliki kewajiban untuk mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis disebuah jaringan online.

Berikut beberapa hal yang wajib kita miliki untuk menjalankan bisnis online
  1. Halaman situs

    Halaman situs ini yang dimaksud adalah sebuah halaman online yang bisa diakses oleh semua orang (calon pembeli). Halaman ini bisa berupa sebuah company profile, blog, dan halaman sosial media.
  2. Katalog produk

    Katalog produk disini ibarat sebuah etalase tempat kita menaruh barang dagangan disebuah toko fisik atau sebuah brosur yang berisi informasi produk jasa kalau bisnis tersebut bergerak dalam bidang jasa. Selalu usahakan memiliki informasi produk yang jelas dan gambar produk yang jelas, ada baiknya juga informasi tersebut juga ditunjang sebuah video.
  3. Kontak atau identitas

    Kontak disini berfungsi sebagai informasi yang wajib disediakan oleh pelaku bisnis online untuk lebih mudah terhubung dan berkomunikasi dengan customer. Sangat disarankan identitas menggunakan sebuah logo perusahaan atau sebuah foto muka, jangan menggunakan foto aneh atau foto kartun yang tidak jelas karena akan mempengaruhi citra dari bisnis itu. Kontak disini termasuk nomor telepon, email, dan sebuah alamat (apabila memiliki toko fisik juga).
  4. Rekening bank

    Rekening bank mungkin bagi pelaku bisnis sudah pasti banyak yang memiliki, tapi hal ini tetap saya beritahu khususnya bagi yang belum pernah menjalankan bisnis termasuk bisnis offline dan tidak memiliki rekening bank maka segeralah membuka rekening di bank pilihan masing - masing.
    Tujuannya untuk apa?
    Karena semua transaksi yang diproses secara online akan membutuhkan yang namanya rekening bank, kita beli ataupun menjual semua uang keluar masuk berdasarkan dari rekening bank.
  5. Ponsel atau tablet PC dengan kemampuan yang memadai

    Meskipun alat ini masih tergolong opsional karena menggunakan laptop atau komputer juga masih bisa, tapi menurut saya alat komunikasi mobile ini sangat membantu dalam menjalankan binis dalam jaringan online. Smartphone atau ponsel canggih zaman sekarang sudah memiliki kemampuan yang sedikit banyak bisa menggantikan perkerjaan di laptop atau komputer, jadi apabila memiliki budget lebih jangan lupa untuk persiapkan alat komunikasi yang memiliki kemampuan mumpuni juga.
    Perlu diketahui aplikasi komunikasi atau aplikasi marketplace saat ini sudah memiliki banyak fitur yang pasti konsekuensinya memerlukan perangkat keras dengan performa yang mumpuni untuk bisa menjalankan aplikasi penunjang bisnis online tersebut dengan lancar.

Cara memulai bisnis online paling mudah

Setelah kita memahami penggunaan teknologi jaringan online untuk sebuah bisnis online, ada cara untuk kita yang ingin mencoba memulai belajar menajalankan bisnis tersebut secara online yaitu mencoba menjalankan bisnis jual beli atau berdagang istilah paling umum yang sering kita dengar.

Kenapa saya bisa bilang ini cara termudah untuk belajar menjalankan bisnis online?
Karena untuk jenis bisnis jual beli ini kita bisa memulainya tanpa harus memiliki modal yang besar (bukan TANPA modal ya), cukup modal alat komunikasi yang bisa terhubung dengan internet seperti laptop atau smartphone.

Barang dagangan yang ingin kita jual pun tidak harus kita ambil terlebih dahulu (tanpa stok barang dagang), strategi ini bisa disebut dengan bisnis online dropship. Bisnis dropship inilah yang bisa menjadi langkah awal paling mudah dan aman untuk mencoba belajar menajalankan bisnis online.

Perlu diketahui untuk pemain dropship sangat disarankan menjalin komunikasi dengan banyak supplier (kalau dropship langsung dengan distributor atau bahkan produsen kemungkinan besar adalah hal yang tidak mungkin bagi pemain dropship karena mereka pasti bermain quantity pengiriman), kenapa saya bisa memberi saran untuk menjalin komunikasi dengan banyak supplier??
Karena pemain dropship tidak memiliki stok barang, kalaupun ada stok itu sudah dipastikan stok pesanan (sudah dibeli oleh pembeli tapi belum diambil atau dikirim).
Jadi jangan menggantungkan nasib bisnis dropship dari beberapa supplier atau malah dari satu supplier saja, pemain dropship mayoritas tidak memiliki keterikatan dengan supplier.

Berikut resiko yang akan terjadi apabila kekurangan jaringan supplier.

  1. Keterbatasan stok barang dari supplier dan tidak memiliki cadangan atau supplier lain yang ready stok, hasilnya proses jual beli dengan customer batal karena tidak ada barang.
  2. Kurangnya informasi jenis barang yang lagi booming atau lagi banyak dicari, karena jaringan supplier terbatas dan supplier - supplier tersebut belum memiliki barang yang sedang booming.
  3. Tidak bisa memiliki daftar harga untuk membandingkan harga yang lebih murah di antara supplier untuk barang yang sama.
    Ingat dropship umumnya tidak memiliki keterikatan jadi bebas untuk menyalurkan barang dari supplier mana saja.
  4. Keterbatasan mendapatkan customer dari luar kota karena penawaran harga kita kalah di ongkos kirim, bisa dibayangkan apabila memiliki jaringan supplier di berbagai kota maka kita bisa menyalurkan barang dari kota tempat customer berada itu akan memangkas ongkos kirim.

Bagaimana cara mencari jaringan supplier bisnis dropship?

Supplier bisnis dropship sebenarnya ada banyak, tapi untuk kita yang benar - benar memiliki keterbatasan waktu luang tapi ingin bermain bisnis online metode dropship bisa mencoba melihat di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan marketplace lainnya.

Perlu kita ingat TIDAK selalu supplier yang sanggup menawarkan harga rendah dan berkualitas pasti dari marketplace online, jangan lupakan pedagang dari dunia nyata yang memiliki toko fisik pun bisa menjadi peluang sebagai supplier bisnis dropship.

Masih kebingungan atau merasa kesulitas mencari jaringan supplier untuk mencoba bermain di dunia bisnis online berbasis dropship?
Tidak masalah saya sebagai penulis artikel ini juga memiliki toko online di marketplace Tokopedia dan Bukalapak yang juga menawarkan layanan dropship. Silahkan bagi yang ingin melihat bisa mencoba mencari nama Takekimurah Surabaya Online Shop di Google.

Takekimurah ini menggunakan Tokopedia dan Bukalapak sebagai tempat berjualan dan bertransaksi melalui online, sedangkan halaman blog yang digunakan Takekimurah hanya sebagai tempat untuk kumpulan katalog produk yang ujungnya juga harus melalui Tokopedia atau Bukalapak untuk bertransaksi.

Saya sekali lagi tidak mengharuskan menjadikan Takekimurah sebagai supplier, kalau ada supplier lain yang sanggup memberikan omset dan profit yang lebih bagus maka bentuklah hubungan komunikasi dengan supplier tersebut.

Mungkin beberapa dari kita yang membaca artikel ini akan berpikir, artikel ini dibuat untuk tujuan teknik promosi bisnis pribadi?
Tenang itu bukan sebuah masalah, yang terpenting adalah informasi yang saya bagikan untuk kita baca itu benar atau salah (masuk akal atau tidak masuk akal), tetap kita harus saring lagi informasi tersebut.

Baca juga : Tips Trik Riset Produk dan Supplier Profesional di Marketplace

Sampai disini dulu artikel mengenai bisnis online tanpa modal besar, semoga dengan tulisan yang saya buat ini sedikit banyak dapat bermanfaat bagi kita yang ingin belajar mencoba memulai bisnis online.
Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

2 comments:

  1. Menarik artikelnya gan
    lain kali bahas tentang iklan afiliate atau ppc untuk blog gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok gan nanti saya tuliskan artikel seputar iklan afiliasi atau PPC untuk blog gan..

      Delete

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...