tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Termudah Membuat Sitemap Blogger di Google Webmaster


Cara Termudah Membuat Sitemap Blogger di Google Webmaster
Sitemap adalah salah satu hal yang sangat penting untuk sebuah halaman atau situs online, terutama bagi seorang Blogger (pembuat atau penulis konten). Tanpa sitemap maka konten yang sudah dibuat dan dipublikasi pun akan sulit ditemukan oleh calon pembaca dari mesin pencari.

Bahkan sebuah situs milik Google yang memiliki fungsi sebagai alat untuk membantu pemilik situs mengelola website juga merekomendasikan untuk mengirimkan sitemap kedalam situs Google Webmaster (Situs yang digunakan para webmaster untuk membantu mengelola website).

Sedikit informasi mengenai Google Webmaster, situs yang dimiliki Google (Raksasa mesin pencari online) ini dibuat untuk membantu para pengelola website untuk lebih mudah mengirimkan konten atau halaman situsnya agar lebih mudah terindex oleh Google dan salah satu caranya yaitu dengan mengirimkan sitemap / petasitus.

Kembali ke topik utama tentang proses membuat dan mengirimkan sitemap Blogger (Sebuah platform yang digunakan untuk membangun sebuah blog) kedalam Google Webmaster.

Perhatikan langkah - langkah dibawah ini.
  1. Buka halaman https://www.google.com/webmasters/
  2. Halaman awal Google Webmaster berisi beberapa website yang sudah di submit, pilihlah website yang belum memiliki sitemap.
    Halaman Depan Google Webmaster - Techrevolution90
  3. Setelah memilih website maka kita akan langsung menuju halaman dashboard search console dari website yang dipilih. Pada halaman ini kita juga bisa melihat beberapa informasi singkat seperti jumlah total klik dan jumlah konten dari sitemap yang sudah terindex. Apabila sudah cukup memahami informasi yang dimunculkan pada halaman dashboard, langkah berikutnya adalah menuju halaman "Sitemaps".
    Perhatikan gambar dibawah ini.
    Dashboard Search Console Google Webmaster - Techrevolution90
  4. Pada halaman sitemaps ini kita bisa menambahkan sitemaps.xml, agar Google Webmaster lebih cepat merayapi dan mengindex konten dari halaman website.
    Halaman Sitemap Google Webmaster - Techrevolution90
  5. Isi atau ketikkan "sitemap.xml" kemudian pilih Submit, silahkan tunggu beberapa detik kemudian cobalah untuk meefresh halaman. Apabila tahap ini kita melakukan dengan benar maka pada bagian Submitted akan muncul angka yang nominalnya sama persis dengan total konten dari halaman blogspot situs bersangkutan.

    Sedangkan untuk bagian Indexed memerlukan waktu lebih lama, umumnya hitungan hari namun ada juga sampai hitungan minggu untuk terindex.
    Menambahkan Sitemap Google Webmaster - Techrevolution90

Hanya 5 langkah diatas kita sudah berhasil membuat dan mengirimkan sitemap halaman blog kita kedalam Google Webmaster. Hal berikutnya yang wajib kita lakukan yaitu melakukan pembaruan konten (Penambahan atau editing konten lama), kegiatan ini biasanya disebut sebagai "Optimasi atau Optimalisasi".

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita seputar dunia blogging.

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah p...