tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Riset Produk dan Mengetahui Supplier yang Profesional di Marketplace


Cara Riset Produk dan Mengetahui Supplier yang Profesional di Marketplace

Memulai membuka usaha online zaman sekarang sangatlah mudah dan sangat berbeda jauh dengan beberapa tahun lalu, bahkan tren saat ini yang sering kali dilakukan sebagian besar pelaku bisnis online adalah "Dropship".

Istilah dropship pasti sudah tidak asing bagi kita semua yang sering berselancar di sosial media, banyak netizen yang ingin menambah penghasilan dari jualan online menggunakan metode tersebut.

TAPI perlu diketahui dulu ya menjalankan usaha dropship itu tidak semudah copy paste konten atau link halaman produk di forum dan sosial media. Saya tidak bermaksud mematahkan semangat atau membuat kalian takut mencoba bisnis online ini, tapi saya hanya ingin memberitahu terlebih dahulu agar sebelum memulainya kita tidak memandang sebelah mata yang kemudian membuat kita gagal bertahan atau kalah bersaing.

Pada artikel ini saya akan menuliskan beberapa tips berguna bagi anda yang ingin mencoba memulai bisnis online dropship.

Memilih jenis barang yang ingin di jual secara dropship

Pemilihan kategori atau niche produk sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya omset bisnis online dropship.

Saya ambil contoh beberapa bulan lalu saat film Black Panther (2018) tayang di bioskop Indonesia, tidak lama setelahnya produk kategori baju koko dengan motif yang sama dengan pemain Black Panther gunakan langsung booming seketika.

Hampir semua toko online yang berjualan produk kategori tersebut ramai - ramai menawarkan produk "Baju Koko Black Panther", tidak peduli itu supplier tangan pertama atau pemain bisnis dropship semua mencoba menjualnya (sampai - sampai sulit juga membedakan mana supplier mana dropshipper).

Tidak ada aturan wajib dalam hal memilih kategori produk yang ingin dijual secara dropship, tentu selama jenis barang tersebut BUKAN barang terlarang atau berbahaya.

Namun kita harus menyadari terlebih dahulu ya apabila terjadi penurunan omset atau mungkin omset tidak bisa meningkat itu juga bisa terpengaruh oleh tren dari jenis produk yang kita jual.

Riset tren produk yang booming dari Google dan situs marketplace

Mencari tahu tren produk di dunia jual beli online bisa dilakukan dengan mengetik kata kunci di mesin pencari Google dan kolom pencarian produk di situs marketplace.

Sebetulnya mencari produk yang sedang laris melalui marketplace itu sudah cukup, tapi alangkah baiknya kita juga harus rajin mencoba menelusuri informasi produk tersebut dari mesin pencari Google.

Hanya dari mesin pencari yang bisa membantu menampilkan berbagai macam data dan informasi berkaitan dengan produk tersebut, tidak hanya sebatas harga namun data spesifikasi barang juga bisa kita dapat.

Ingat jangan selalu berfokus pada harga termurah atau mencari supplier dengan harga paling murah, kualitas produk atau pelayanan dari supplier juga perlu dipertimbangkan.

Mencari supplier profesional untuk dijadikan mitra bisnis dropship

Supplier memiliki peranan penting bagi pemain bisnis dropship, kesalahan memilih supplier atau bahkan distributor tentu dropshipper yang nantinya akan terkena dampaknya.

Kenapa harus dropshipper yang menanggung akibatnya?
Karena dropshipper yang berkomunikasi dengan pembeli (end user), jadi apabila ada kendala atau permasalahan didalam proses jual beli itu pastinya pembeli akan meminta pertanggungjawaban dropshipper sebagai pihak yang bisa memberikan sebuah solusi.

Nah disaat situasi kondisi seperti itu tanggung jawab dari dropshipper akan dilihat oleh pembeli.

Kita tidak bisa menyalahkan pembeli, karena mereka hanya berkomunikasi dengan kita dan mereka (pembeli) juga menganggap kita memiliki stock barang.

Berbeda cerita kalau pembeli langsung melakukan pembelian dengan supplier (pemilik stock barang), pastinya supplier itu sendiri yang akan dicari oleh pembeli jika menemui permasalahan dengan produk yang dibeli.

Kenapa kita tidak jujur saja bahwa kita adalah dropshipper (makelar jual beli dan tidak memiliki stock barang)?
Menurut pendapat saya pribadi kalau pembeli sampai mengetahui jelas atau menganggap kita adalah makelar online, kemungkinan besar calon pembeli akan mencoba mencari alternatif penjual lain dengan harapan menemukan supplier produk tersebut (penjual yang memiliki stock barang).

Semua calon pembeli pasti akan merasa bahwa membeli produk dari dropshipper itu harganya sudah dinaikkan lebih mahal, yach walaupun hukum menaikkan atau mark up harga adalah lumrah (tidak ada ceritanya berjualan produk atau jasa tidak mendapatkan profit).

Setelah membaca tulisan bagian "Mencari supplier profesional" ini, saya harap semangat anda untuk mencoba bisnis dropship tidak sampai hilang atau surut. Saya akan menuliskan beberapa poin penting yang bisa diterapkan saat proses pencarian supplier, agar tidak sampai salah ambil keputusan yang berakibat fatal untuk kelangsungan bisnis dropship anda.

3 tips cara mencari supplier profesional dan terpercaya di marketplace

  1. Lihat jumlah atau jenis produk yang dijual karena sangat kecil kemungkinan supplier toko online (stock barang real) memiliki jenis produk yang beragam bahkan ratusan hingga ribuan.

    Stock barang real sama dengan modal yang berupa benda fisik, jadi bisa dibayangkan ya ini.

    Umumnya mereka (supplier asli) juga hanya fokus kepada satu jenis kategori dan bisa juga dengan beberapa sub kategori dari barang utamanya.

    Berbeda dengan toko dropshipper yang bisa memiliki halaman penjualan produk dengan jumlah ratusan bahkan ribuan, pastinya itu hanya sebuah halaman dengan foto produk dan judul ya.
  2. Cari dan bacalah penilaian atau ulasan dari mereka para pembeli yang sudah pernah membeli dari toko tersebut.

    Sistem penilaian di sebuah marketplace umumnya menggunakan rating bintang dengan maksimal perolehan bintang sebanyak 5.

    TAPI ingat tidak cukup hanya dengan melihat jumlah bintang, kita wajib membaca juga isi dari kalimat penilaian mereka. Kenapa harus membacanya? Karena terkadang ada juga pembeli yang tidak objektif atau bahkan tidak peduli mengenai sistem penilaian, hal seperti ini yang menjadi resiko data penelitian supplier yang kita dapatkan menjadi tidak valid.

    Sebagai contoh saja yang seharusnya toko A tidak layak dijadikan sebagai supplier karena realitanya selalu mengalami keterlambatan pengiriman dan respon yang lama, tapi kita masih tetap memasukkan toko A sebagai data supplier yang rekomendasi karena hanya melihat berdasarkan jumlah bintang.

    Sebaliknya toko B yang secara realita masih lebih layak dijadikan sebagai supplier tapi kita tidak memasukkan toko B kedalan daftar rekomendasi dikarenakan jumlah atau rata - rata rating bintang yang lebih kecil dari toko A. Padahal penilaian dari pembeli untuk toko B ini menunjukkan bahwa toko tersebut sangat profesional dalam hal pelayanan serta kecepatan pengiriman.

    Bacalah beberapa kalimat penilaian terbaru dari pelanggan mereka setidaknya 20 sampai 30 penilaian terakhir, kalau ternyata penilaian yang diperoleh itu menunjukkan kalimat positif maka toko tersebut masih layak untuk dijadikan supplier.
  3. Selalu mencoba memberikan pertanyaan yang sifatnya ujian untuk memastikan toko tersebut mengenal dan memahami produk yang dijual, ya tentunya kalau seorang supplier sudah pasti memiliki stock produk nyata ya.

    Sekali lagi jangan sekali - sekali hanya berpedoman dengan harga termurah adalah supplier, IYA tidak salah juga supplier identik dengan harga yang BERSAING. Saya tidak bilang harga supplier pasti termurah ya, yach jujur saja paling murah terkadang kualitas serta pelayanan perlu ditelusuri lagi.

    Semisal pemilik atau penjual tersebut tidak memberikan jawaban yang detil itu boleh di toleransi, TAPI kalau jawaban dari pertanyaan ujian tersebut melenceng jauh bahkan tidak masuk akal saya rasa toko tersebut wajib di pantau lebih lanjut sebelum dimasukkan kedalam daftar supplier rekomendasi.

    Khusus poin ketiga ini berarti kita sendiri juga harus mempunyai wawasan pengetahuan atau paling tidak informasi umum seputar barang yang akan dijual secara dropship.

Saya juga memiliki artikel lain yang bisa dijadikan refrensi alternatif seputar wawasan dunia bisnis online. Baca juga : Bisnis Online Tidak Perlu Modal Besar

Sampai disini artikel tentang cara riset produk dan supplier profesional di marketplace, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis online dropship.
Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...