tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Mudah Optimalisasi Akun Instagram Bisnis Tanpa Iklan


Cara Mudah Optimasi Akun Instagram Bisnis Tanpa Iklan Berbayar
Instagram adalah salah satu sosial media yang digunakan oleh hampir seluruh penduduk di planet bumi ini. Bahkan ada juga beberapa diantara mereka yang mungkin sedang berada di atas sana (stasiun luar angkasa) juga menggunakan Instagram sebagai media untuk berbagi informasi, terutama konten gambar hasil foto atau video rekaman.

Sosial media ini mampu menghubungkan segalanya mulai dari public figure hingga pengguna umum lainnya, tidak memandang golongan atau dari kalangan mana.

Lantas apakah Instagram ini hanya digunakan untuk besosialisasi saja?
Tentu saja tidak, sosial media ini juga bisa digunakan sebagai media promosi bisnis atau usaha.

Apakah betul promosi menggunakan media online seperti Instagram bisa meningkatkan penjualan secara signifikan?
Kalau meningkatkan penjualan IYA BISA, tapi kalau pasti atau tidaknya itu tergantung dari seberapa besar tingkat popularitas akun Instagram itu.

Pada artikel ini saya ingin berbagi informasi cara untuk membuat akun Instagram memiliki banyak folower, tentunya follower asli juga ya. Satu lagi jangan salah mengerti ya cara yang saya tuliskan disini termasuk trik gratis (tanpa iklan berbayar), jadi mengenai hasil jangan pernah berharap bisa melebihi performa akun yang menggunakan iklan berbayar.

Aktifkan atau ganti akun pribadi menjadi Instagram bisnis

Mengganti Akun Instagram Personal ke Bisnis
Apa benar menggunakan akun Instagram dengan tipe bisnis itu bisa menambah follower?
Belum tentu juga, ada koq akun tipe personal yang juga memiliki follower banyak (follower real).

Lantas kenapa disarankan menggunakan akun berjenis bisnis?
Jawaban yang paling tepat adalah pengumpulan data, karena informasi tersebut sangat penting didalam dunia bisnis yang sudah menggunakan jaringan online.

Data tersebut meliputi beberapa infomasi seperti dibawah ini.
  • Jumlah pengunjung dalam kurun waktu tertentu.
  • Informasi wilayah yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak.
  • Hari dan jam yang paling banyak dikunjungi oleh followers.
  • Performa atau pencapaian dari setiap konten yang sudah di publikasi, informasi yang ditampilkan umumnya adalah variabel reach dan engagement.

Data informasi diatas tidak bisa kita dapatkan apabila jenis akun Instagram yang digunakan adalah tipe personal, insight tersebut bisa di akses menggunakan akun bisnis dengan minimal jumlah followers sebanyak 100.

Contoh Gambar Statistik Insight Instagram Business

Selain mengenai data masih ada satu hal sangat penting bagi mereka pemilik akun bisnis, yaitu penggunaan fitur promosi atau iklan berbayar.

Fasilitas promosi berbayar ini hanya tersedia khusus untuk akun Instagram bisnis saja.

Follow akun Instagram yang memiliki follower banyak

Melakukan aktivitas follow adalah sebuah kewajiban bagi akun Instagram yang masih baru.

Kalau akun lama apakah tidak wajib following?
Menurut saya pribadi masih wajib selama akun yang diikuti tergolong akun yang positif (bukan akun pembuat rusuh atau penyebar HOAX).

Tapi kenapa ada beberapa tips dari artikel internet mengatakan bahwa harus melakukan follow dan unfollow secara rutin, apakah itu benar?
Benar atau tidak selama itu bisa mendatangkan follower aktif dan tertarget, ya silahkan bisa dicoba.

Saya pribadi lebih memilih mengikuti akun artis atau influencer positif dan beberapa akun yang memiliki konten relevan dengan saya.

Kemudian mengenai jumlah following apakah harus dikurangi sebanyak mungkin?
Mengenai hal ini bagi saya hanya sebatasan keputusan pribadi khususnya pada saat akun Instagram sudah memiliki pamor atau jumlah follower yang melebihi target.

Bisa jadi bagi mereka pemilik akun Instagram dengan follower jutaan, mengurangi jumlah following bukan supaya terlihat keren tapi mungkin saja mereka tidak ingin terlalu banyak konten yang muncul di feed mereka.

Selain mengikuti akun Instagram yang memiliki follower banyak, jangan lupa untuk follow akun yang relevan dengan konten kita. Baca 2 poin dibawah ini untuk lebih jelasnya mengenai akun relevan yang seperti apa.

Akun komunitas yang relevan

Mengikuti sebuah komunitas itu akan memberikan pengaruh yang sangat besar untuk mendapatkan follower yang aktif dan tertarget.

Sebagai contoh kita sebagai penjual aksesoris gadget, maka sangat dianjurkan sekali untuk mengikuti setiap akun yang memiliki konten seputar gadget.

Saya yakin pasti beberapa dari anda pernah menemukan atau melihat konten yang membahasa seputar gadget, entah itu tips trik atau sebuah review.

Cobalah untuk join dan sesekali kirimkan juga sebuah komentar yang relevan dengan konten yang berkaitan, jangan menuliskan kalimat direct selling.

Berkomentarlah layaknya pengguna Instagram seperti biasa (bukan penjual), karena komentar yang berisi tentang promosi atau jualan tidak akan mendapatkan respon baik malah sebaliknya akan terlihat seperti tindakan "Spam".

Akun perorangan atau bisnis yang relevan

Walaupun kita sebagai penjual jangan sombong atau tinggi hati dengan tidak mau mengikuti akun bisnis (sesama penjual), ini adalah cara pikir yang salah.

Tidak ada salahnya dan malah sangat bagus apabila bisa mengikuti setiap akun Instagram yang digunakan untuk berjualan, tidak peduli walaupun barang jualannya sama. Hal ini dilakukan bukan untuk fokus kegiatan kepo ya, tapi untuk saling mengenal (kalau emang bisa berkenalan).

Berbeda dengan akun komunitas yang kontenya bersifat umum, khusus akun bisnis atau perorangan yang digunakan untuk berjualan maka jangan pernah melakukan direct selling di kolom komentar kontennya.

Kenapa begitu?? Ya karena melakukan promosi di wilayah orang lain sangatlah tidak etis dan malah kelihatan memalukan.

Beda cerita kalau ada kesepakatan bersama dan akun yang bersangkutan bersedia mempromosikan akun Instagram bisnis milik kita.

Sebagai contoh menggunakan jasa paid promote atau endorse, nah cara seperti ini lebih rekomendasi.

Metode endorse atau paid promote berbeda dengan jasa jual beli followers ya, proses seperti ini sangat tidak dianjurkan dan malah akan terlihat tidak natural (terlalu memaksakan).

Utamakan konten orisinil atau setidaknya konten yang informatif

Sebuah postingan konten tentunya akan lebih baik apabila isinya memiliki informasi yang bermanfaat dan tentunya bukan berita "HOAX". Istilah ini sudah tidak asing bagi masyarakat jaman now dan perlu diketahui informasi seperti itu tidak selalu muncul di kawasan konten berita umum atau politik.

Jadi khusus bagi kita pemilik akun Instagram bisnis juga tidak boleh asal mengirim postingan, apalagi informasi dari produk atau jasa yang kita tawarkan hanyalah sebuah hasil copy paste (tanpa di periksa).

Menurut saya ini sangat penting untuk diperhatikan, karena jangan sampai informasi yang dipublikasikan ternyata adalah info yang tidak valid atau salah. Bisa dibayangkan ya kalau menjalankan usaha dropship secara online, maka secara tidak langsung akan membuat pembeli kecewa (kalau barang yang diterima tidak sesuai deskripsi).

Mengenai informasi valid tidak sebatas kalimat deskripsi tapi sebuah gambar atau video sekalipun harus sesuai dengan realita, sebagai contoh jangan sampai promosi baju dengan motif polkadot tapi saat pengambilan gambar atau video menggunakan pakaian bermotif kotak - kotak.

Ini kelihatan sepele dan tidak mungkin terjadi, tapi jangan salah bagi mereka yang asal copy paste bisa saja terjadi kesalahan seperti itu.

Nah inginnya bisa mendapatkan pelanggan setia, malah yang terjadi membuangnya dengan sia - sia karena kesalahan kita sendiri dalam menyampaikan informasi.

Ingat di dalam dunia perdagangan online bukan hanya harga yang menjadi penentu, melainkan sebuah kepercayaan juga termasuk tolak ukur yang bisa mempengaruhi tingkat konversi.

Selalu isi deskripsi atau caption dari konten yang akan di unggah

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, konten postingan wajib disertai kalimat deskripsi yang relevan bukan informasi hoax.

Kalau tidak bisa merangkai kalimat caption atau tidak tahu informasi yang valid bagaimana solusinya?
Maka WAJIB mencari tahu melalui Google atau langsung kroscek informasi ke produsen.

Mungkin beberapa dari kita setelah membaca poin ini akan berpikir seperti ini "apakah publikasi produk / jasa harus sampai segitunya kah?".

Bagi yang berpikir demikian coba bayangkan saja ketika anda ingin membeli sebuah produk atau jasa dan bahkan dalam kondisi butuh TETAPI yang anda dapatkan adalah halaman tanpa informasi yang jelas.

Apa yang akan anda lakukan?
Mencoba langsung membeli atau melakukan pencarian lain dengan harapan bisa mendapatkan informasi lebih jelas sebelum membeli? Saya rasa jawaban dari pertanyaan ini bisa memberitahu anda seberapa besar peran dari deskripsi konten.

Gunakan hashtag atau tagar dengan kata kunci yang relevan dan seperlunya.

Satu hashtag sangat berpengaruh untuk mendapatkan pengunjung baru di dunia Instagram. Kata kunci atau keyword dengan awalan tanda tagar tersebut dapat membantu pengguna mencari konten yang relevan.

Sebagai contoh kita ingin mencari konten di Instagram yang berkaitan dengan pakaian, tentu kita akan mencoba melakukan pencarian dengan keyword seperti dibawah ini.
  • #Baju
  • #Kaos
  • #Kemeja
  • #Kaos3d
  • #Kaospolo

Bisa anda coba ketik beberapa hashtag di atas ini pada kolom pencarian di aplikasi Instagram, lihatlah konten apa saja yang mayoritas muncul pada kata kunci dengan tanda tagar tersebut.

Kalaupun ada beberapa konten yang tidak relevan, maka saya sarankan anda untuk tidak mengikuti cara mereka dalam hal pemilihan keyword hashtag secara random.

Apabila pernah melakukan spam hashtag saat posting konten di Instagram, saya saran untuk mencoba menghapus tagar kata kunci yang tidak relevan dan kedepannya anda cukup menggunakan tag keyword yang relevan saja.

Tapi bisa lebih baik kalau menggunakan banyak hashtag yang bisa mengenai semua orang kan??
Realita tidak seperti itu karena alogaritma Instagram akan menilai seberapa menarik konten yang telah kita publikasi dengan melihat jumlah reaksi dan respon dari jumlah pengguna yang melihat.

Nah bisa dibayangkan ya kalau jumlah yang melihat banyak tapi respon sangat minim dikarenakan menggunakan hashtag yang tidak relevan, maka kesempatan mendapatkan penonton yang tidak tertarget akan lebih besar dan alhasil sistem alogaritma Instagram bisa menilai bahwa postingan kita tidak berkualitas (minim peminat).

Kalau sudah masuk kategori konten tidak berkualitas, maka postingan kita tidak akan mendapatkan prioritas di sebuah pencarian kata kunci dengan hashtag yang terkait.

Baca juga : Optimalisasi Akun Facebook Page

Kesimpulan

Berikut 3 hal utama yang perlu dilakukan untuk proses optimasi Instagram bisnis.
  1. Gunakan akun Instagram jenis bisnis
  2. Follow akun Instragram public figure atau influencer
  3. Membuat konten informatif dan sebisa mungkin orisinil

Trik gratis ini bisa dilakukan oleh semua pengguna Instagram, tapi walaupun gratis cara ini masih membutuhkan modal.

Modal ini adalah konsisten dan kemauan untuk terus belajar, 2 hal ini yang selalu menjadi hambatan terbesar bagi pelaku bisnis online pada saat merintis dari kecil.

Kenapa harus ada kemauan untuk belajar? Apakah kalau sudah bisa harus tetap belajar?
Bukan seperti itu poin utamanya, kita wajib memiliki kemauan untuk belajar dikarenakan ilmu pengetahuan selalu berkembang.

Sampai disini dulu artikel tentang optimasi Instagram bisnis, semoga informasi ini dapat berguna bagi kita yang ingin mengembangkan usaha melalui sosial media online.

Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh :
Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah p...