tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Version 1903


Cara Mematikan Auto Update Windows 10 1903
Windows 10 saat ini sudah banyak digunakan oleh pengguna desktop dan notebook, hampir setiap penjualan komputer sudah di bandrol bersama sistem operasi besutan Microsoft ini. Pengguna sudah tidak perlu lagi repot - repot membeli lisensi sistem operasinya, karena hal tersebut sudah termasuk dalam harga pembelian komputer atau notebook.

Tentu dengan lisensi resmi dari Microsoft yang di bandrol dengan penjualan komputer sudah pasti aman ya, salah satunya untuk urusan pembaruan perangkat lunak Windows 10 itu sendiri lebih mudah dan cepat.

Cukup menyedia jaringan internet yang stabil dan tentunya full unlimited (Penggunaan bebas tanpa batasan kuota).

TAPI bagaimana dengan pengguna yang tidak menggunakan ineternet full unlimited? Apakah masih bisa melakukan pembaruan versi Windows 10?

Tentu masih bisa tapi ada konsekuensinya yaitu wajib mempersiapkan kuota internet yang cukup, karena ukuran file yang di download untuk proses update umumnya besar.

Solusi alternatif lainnya kita bisa menonaktifkan terlebih dahulu opsi pembaruan otomatis dari Windows 10 itu sendiri, kemudian kita bisa mengaktifkan kembali apabila terhubung pada jaringan internet yang stabil dan bebas kuota.

Pada artikel ini saya menggunakan screenshot gambar pendukung dari Windows 10 versi 1903 (Adanya perbedaan versi memungkinkan tampilan juga berbeda).

Baca juga : Jenis Lisensi Windows 10

Menonaktifkan Auto Update Windows 10 1903

Cara ini terbilang sangat mudah tanpa harus download aplikasi lain, cukup dengan melakukan pengaturan di bagian properties network.

Jadi kondisi komputer atau laptop harus terhubung dengan jaringan internet, kemudian di dalam properti dari jaringan tersebut kita bisa mengaktifkan opsi "Metered Connection".

Kita bisa memulai dari sini
  1. Buka Windows Settings
  2. Pilih Network & Internet
  3. Pilih Wi-Fi
  4. Dalam tab Wi-Fi pilih "Manage known networks"
  5. Rekomendasi pilih saja nama jaringan Wifi milik kita sendiri
  6. Buka "Properties"
  7. Aktifkan "Set as metered connection" menjadi "On"

Perhatikan contoh screenshot di bawah ini.
Windows 10 1903 Set as Metered Connection
Bisa di lihat dari screenshot di atas ini opsi "Set as metered connection" sudah menjadi "On" itu artinya jaringan tersebut hanya memiliki kuota yang terbatas dan sistem pembaruan otomatis akan berhenti agar tidak terjadi kebocoran kuat internet.

Baca juga : Cara Melihat Versi Windows 10

Membuktikan auto update sudah mati bisa memeriksa dari halaman "Windows Update", coba perhatikan screenshot di bawah ini.
Auto Update Off Windows 10 1903
Pada halaman proses update terdapat informasi yang berarti sistem operasi Windows 10 akan melanjutkan proses pembaruan saat terhubung ke dalam jaringan tanpa batasan kuota, dengan kata lain opsi "Metered Connection" dalam posisi "Off".

Kesimpulan

Tidak perlu kawatir lagi mengenai kuota internet yang habis karena proses pembaruan sistem, Windows 10 menyadari akan realita tersebut dan menyediakan opsi untuk menonaktifkan pembaruan itu.

Pengguna tidak akan di paksa untuk memperbarui sistemnya, namun Windows 10 hanya membantu mengingatkan adanya pembaruan yang tersedia.

Selebihnya kembali pada keputusan pengguna ingin melakukan update system apa tidak.

REKOMENDASI sich sistem operasi dalam keadaan "Up to Date", tinggal menyesuaikan kemampuan pengguna dalam pengolahan kuota internetnya.

Sampai di sini dulu informasi seputar pengaturan auto update di Windows 10 versi 1903, semoga info ini berguna bagi kita yang ingin mengatur penggunaan kuota internet untuk proses pembaruan sistem operasi.

Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh : Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah p...