tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Cara Optimalisasi Postingan Facebook Page Menggunakan Targeting News Feed


Cara Optimalisasi Postingan Facebook Page Menggunakan Targeting News Feed
Postingan dari Facebook page sebetulnya bisa di atur targetnya apabila ingin lebih akurat. Target yang di maksud ini adalah calon visitor atau pembaca dan cara ini gratis tanpa ada biaya dari Facebook. Namun tetap tidak bisa mengalahkan hasil dari postingan konten berbayar melalui FB ads ya.

Targeting news feed sedikit banyak bisa membantu konten dari Facebook page untuk isa muncul di kolom sugesti.

Terkadang ada muncul konten secara acak yang menyesuaikan interest dari pengguna Facebook saat menjelajah news feed.

Apakah wajib mengatur target calon visitor? Menurut saya pribadi tidak wajib, TAPI kalau konten tersebut di tujukan untuk urusan marketing sebuah bisnis ada baiknya untuk mengatur target calon pengunjung.

Tidak ada jaminan 100% bakal kedatangan pengunjung yang sangat banyak dan sesuai target, apalagi kalau hanya sebatas posting konten tanpa menggunakan promosi dari Facebook ads.

Tapi sedikit banyak target news feed membantu mengarahkan konten ini kepada calon pembaca yang mendekati atau bahkan sesuai target.

Nah kalau ingin mencoba menggunakan settingan targeting news feed coba simak langkah - langkah di bawah ini.

Cara Menggunakan Targeting News Feed di Facebook

Ikuti langkah - langkah di bawah ini untuk membantu optimasi postingan Facebook page secara gratis

Aktifkan opsi targeting news feed

Cara Mengaktifkan News Feed Targeting Facebook Page
Secara default pengaturan opsi targeting ini adalah "Off", oleh karena itu fitur ini awalnya tidak muncul atau tidak bisa digunakan saat akan mempublikasi sebah konten di Facebook page.

Berikut cara mengaktifkan opsi targeting
  1. Buka halaman Settings
  2. Pilih bagian menu General
  3. Perhatikan pilihan pengaturan yang bertuliskan "News Feed Audience and Visibility for Posts"
  4. Beri centang kolom yang bertuliskan "Allow News Feed audience selection and post visibility options for this Page"
  5. Selesai, pilih "Save Changes"

Cara menggunakan opsi targeting news feed saat akan mempublikasi konten

Cara Menggunakan News Feed Targeting Postingan di Facebook Page
Apabila kita sudah selesai dari langkah di atas, seharusnya pilihan opsi targeting ini akan muncul pada jendela postingan.

Tombol untuk menggunakan fitur ini ada di bagian bawah tepat di kotak bertuliskan "Public", kita bisa menggunakanya dengan mengklik opsi tersebut.

Perlu di ketahui opsi "Public" akan tetap aktif yang berarti konten tersebut tetap bisa di lihat dan terbaca oleh semua pengguna Facebook selain daripada calon visitor yang ada di dalam pengaturan target.

Baca juga : Cara Optimasi Akun Instagram Bisnis

Jendela pengaturan kriteria target visitor

Jendela Pengaturan Targeting News Feed Facebook Page Post
Jendela ini akan muncul seketika setelah kita mengklik opsi "News Feed Targeting" di jendela pembuatan konten postingan.

Pengaturan ini cukup spesifik untuk membantu mengrahkan konten ini berdasarkan kriteria calon pembaca yang di pilih.

TAPI ingat ini adalah cara gratis, maka jangan pernah berharap hasil yang didapatkan bisa sesuai harapan atau melebihi konten berbayar (Facebook Ads).

Kuncinya semakin banyak kriteria yang di pilih, makan calon pembaca akan semakin spesifik tentu akan di ikuti hasilnya akan lebih sedikit apalagi kalau kriteria yang di pilih termasuk kombinasi yang langka.

Kesimpulan

Trik retargeting calon visitor secara gratis ini adalah cara alternatif mengoptimalkan konten Facebook page selain menggunakan FB Ads.

Betul hasil yang didapatkan tidak akan bisa sama atau menyaingi konten iklan, namun setidaknya hal ini masih bisa digunakan untuk pembelajaran untuk kedepannya tentang target visitor apabila ingin menggunakan Facebook Ads.

Intinya apabila ada yang opsi iklan berbayar, maka jangan pernah berharap terlalu banyak dengan yang trik gratisan.

Bukan berarti juga trik gratis tidak berguna sama sekali.

Selama bisa mengambil intisarinya dan digunakan untuk proses pembelajaran itu masih OKE, tapi kalau betul - betul serius digunakan untuk scale up bisnis maka saya pribadi sarankan untuk berani mencoba iklan berbayar.

Sekian artikel mengenai optimasi postingan Facebook page ini, semoga informasi yang saya tulis ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita yang berkecimpung di dunia online marketing khususnya Facebook.

Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh : Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Pada zaman sekarang pasti kita semua sudah pernah mendengar nama dari beberapa perusahaan finansial seperti OVO, DANA, dan Doku. Mereka sem...