Kelebihan Kekurangan Jualan Online Menggunakan Metode Pembayaran COD

Kelebihan Kekurangan Jualan Online Menggunakan Metode Pembayaran COD


Metode pembayaran tunai saat barang sampai di tempat tujuan termasuk yang paling ramai dibicarakan dan digunakan. Sebut saja istilah kerennya COD (Cash on Delivery), jadi pembeli mengeluarkan sejumlah uang senilai harga barang plus ongkos kirim kemudian dibayarkan secara tunai ke kurir pengirim barangnya.

Terlihat mudah dan simple bukan?
Iya betul teorinya sangat mudah sekali, namun realita di lapangan tidak seperti itu.

Banyak yang menggunakan metode pembayaran COD, tapi banyak juga yang ribut membicarakan plus minus cara pembayaran model ini.

Kelebihan dan kekurangan metode pembayaran COD


Saya akan memberikan beberapa poin yang perlu diketahui oleh setiap seller mengenai jenis pembayaran COD.

Jadi bagi kita yang masih baru belajar berjualan online setidaknya bisa mengerti plus minus menggunakan metode pembayaran seperti ini.

Keuntungan Kerugian Jualan Menggunakan Metode Pembayaran COD


Kelebihan

Metode pembayaran tunai saat barang sampai sangat banyak digemari oleh pembeli yang kesulitan melakukan pembayaran online.

Mungkin keterbatasan layanan mobile banking atau jauhnya tempat mesin ATM.

Maka melakukan pembayaran secara cash bisa menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin berbelanja online.

Tentu kasus seperti ini bisa menjadi nilai tambah bagi omzet penjualan seller online.

Kekurangan

Tidak ada filter atau saringan khusus pembeli yang benar - benar memahami aturan pembayaran COD.

Sering terjadi kasus dimana pengiriman paket dengan metode pembayaran COD terpaksa harus kembali hanya karena pembeli menolak menerima paket.

Alasan penolakannya juga terkadang cukup menyedihkan, seperti tidak punya uang atau tidak jadi beli.

Hal seperti ini yang sangat sulit di antisipasi, pasalnya mana yang serius beli dan yang asal klik tombol order tidak ada bedanya.

Kasus yang dibicarakan ini apabila terjadi di sistem marketplace ya, walaupun marketplace yang menanggung ongkos kirim dari transaksi yang batal tetap saja hal seperti ini perlu di waspadai bagi seller yang baru memulai berjualan online.


Kesimpulan


Metode pembayaran tunai yang satu ini adalah cara transaksi yang banyak digunakan oleh sebagian besar pembeli di negara Indonesia ini.

Khususnya mereka yang lebih merasa percaya dan yakin apabila membayar saat barang sampai di depan rumah atau bisa juga karena mereka tidak memiliki akses pembayaran non tunai secara online.

Tapi beda sudut pandang maka beda juga pandangannya, bagi sebagian seller berpendapat COD ini sangat resiko merugikan pihak seller walaupun kenyataan tidak semuanya merasa rugi akan cara pembayaran ini.

Jadi ada baiknya bagi kita yang baru saja belajar jualan online, harus siap dengan adanya resiko barang kembali atau kedapatan pembeli yang tidak serius saat mencoba berjualan menggunakan pembayaran COD.

Artikel ini ditulis oleh : 

Comments

Popular posts from this blog

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook

Penjual Akun dan Jasa Fake Order Marketplace Lokal Indonesia

Shopee Bisa Menonaktifkan Fitur Metode Pembayaran COD Bagi Pembeli Usil