Skip to main content

3 Tools Gratis Pendeteksi Konten AI

Tools Gratis AI Content Checker

AI di tahun 2023 ini cukup ramai di bahas, termasuk pembahasan mengenai ancaman dan dampak positif dengan keberadaan AI (Artificial Intelligence).

Artificial Intelligence sebetulnya adalah sekumpulan program yang kompleks dan ditujukan untuk bisa belajar dengan sendirinya seperti manusia, jadi sekali program tersebut berjalan maka harus bisa beradaptasi dengan hal baru tanpa sentuhan manusia lagi.

Oleh karena itu kebanyakan orang menggambarkan AI seperti robot yang bisa berjalan sendiri.

Tapi di artikel ini yang akan di bahas adalah AI dari sisi kemampuannya menjadi content creator.

Sangat masuk akal sekali kalau sebuah program bisa secara otomatis membuat komposisi aartikel atau konten lainnya dari kumpulan informasi yang ada.

Tapi perlu di ingat pepatah "sepandai-pandai tupai melompat, sekali waktu jatuh juga", analogikanya sebaik-baik konten hasil buatan robot AI pasti tetap ada kurangnya juga.

Salah satu cara mengetahui konten tersebut buatan robot AI atau bukan bisa dengan melihat gaya bahasa tulisannya yang berbeda dengan content creator manusia.

Cara termudah yaitu bisa menggunakan tools gratis untuk lebih cepat mendeteksi apakah ada campur tangan robot Artificial Intelligence di konten artikel itu.


3 tools gratis AI content detector

Beberapa tools di bawah ini bisa di akses secara online tanpa harus install aplikasi di laptop / gadget dan pastinya 100% gratis.

Content at Scale

Situs Pendeteksi Konten Ai Content at Scale
Content at Scale Pendeteksi Content AI

Salah satu website online yang bisa digunakan untuk mendeteksi sebuah artikel itu di buat oleh manusia atau hasil pekerjaan AI.

Content at Scale

Crossplag

Situs Pendeteksi Konten Ai Crossplag
Crossplag Pendeteksi Content AI

Crossplag memiliki beberapa layanan dan salah satunya adalah tool yang bisa digunakan untuk mengukur seberapa besar kemungkinan konten artikel itu di buat oleh AI.

Crossplag

GPT-2 Output Detector Demo

Situs Pendeteksi Konten Ai GPT 2 Output Detector
GPT 2 Output Detector Pendeteksi Content AI

Situs online pendeteksi konten AI ini memiliki tampilan halaman yang simple sangat, tinggal copy paste saja isi artikel yang ingin coba di analisa oleh tool ini.

GPT-2 Output Detector Demo


Kesimpulan

Menggunakan alat pendeteksi konten AI ibarat memantau pekerjaan mesin dengan mesin juga, terdengar bagus dan sepantasnya mungkin seperti itu.

Tapi kemampuan alami manusia juga tidak boleh dilupakan, kita manusia masih bisa mengetahui itu hasil kerja manusia atau robot AI walapun itu sebatas konten artikel.

Cukup dengan membaca dan memaknai inti dari informasi di dalam artikel, maka kita secara tidak langsung juga melakukan pemindaian setiap kata hingga kalimat.

Pasti akan menemukan beberapa hal yang terlihat beda, mulai dari gaya bahasa tulisan sampai susuan kata untuk membentuk kalimat.

Jadi kalau saat ini atau beberapa waktu ke depan ada di antara kita ingin menggeluti dunia content creator di bagian konten artikel, ada baiknya jangan bersuka cita terlebih dahulu kalau mendengar dari beberapa narasumber yang beranggapan semua akan menjadi lebih mudah dengan adanya AI.

Baca juga : Mendeteksi Konten Buatan AI

AI bisa mempermudah pekerjaan itu tidak salah, tapi AI tidak selamanya bisa memberikan hasil yang terbaik.

Comments

Popular posts from this blog

Penjual Akun dan Jasa Fake Order Marketplace Lokal Indonesia

Shopee Bisa Menonaktifkan Fitur Metode Pembayaran COD Bagi Pembeli Usil

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Belajar Teknik Optimasi SEO Blogger Blogspot

Situs Cek Nama Domain dan Akun Sosial Media

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Kurir Jasa Pengiriman Paling Aman Khusus Dropship di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Cara Ganti DNS di Windows 11 untuk Membuka Situs Terblokir