Skip to main content

Cara Meningkatkan Traffic Organik di Tahun 2023

Meningkatkan Traffic Organic Situs Tahun 2023

Meningkatkan visibilitas dan jangkauan organik dengan memanfaatkan sepenuhnya media sosial di tahun 2023, ini adalah salah satu cara alternatif selain menggunakan iklan berbayar.

Saat mayoritas netizen semakin beralih ke tempat pencarian di platform sosmed, maka cara mengoptimalkan konten untuk algoritma pencarian di platform sosial media menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Seperti contoh dengan jenis hasil pencarian menampilkan video pendek Google yang baru, ini bisa menjadi saat yang tepat untuk memprioritaskan konten video berdurasi pendek.

Mengapa video durasi pendek bisa menjadi penting? Karena video durasi pendek sejalan dengan tren media sosial saat ini.


Mengapa optimasi pencarian di media sosial menjadi penting?

Semakin banyak netizen menggunakan media sosial sebagai mesin pencari, walaupun ada juga sebagian netizen yang gabut hanya geser - geser layar feed atau halaman pencarian.

Berikut beberapa fakta yang menjadi alasan optimasi konten di pencarian sosial media itu penting :

  • Netizen Gen-Z sebanyak 35% lebih suka mencari informasi melalui platform sosmed TikTok atau Instagram daripada mesiin pencari Google.
  • Sekitar 80% pengguna Instagram merasa lebih mudah menemukan produk dan layanan baru.
  • Raksasa sosial media Facebook mengklaim rata-rata pencarian konten dalam sehari bisa mencapai lebih dari 2 miliar.
  • Tidak dipungkiri bahwa platform sosmed berbasis video yaitu YouTube adalah mesin pencari terpopuler setelah Google.
  • Perkiraan ada 60% populasi planet bumi menggunakan media sosial rata-rata 2 sampai 3 jam setiap hari.

Cara aman optimasi konten sosial media

Sosmed Menjadi Sumber Traffic Organik 2023

Konten kreator dan publisher wajib untuk memahami algoritma di setiap platform saat melakukan optimasi.

Jangan sampai karena terlalu bersemangat mendatangkan traffic organik sampai gelap mata menggunakan cara yang bertentangan dengan aturan permainan di setiap pltaform sosial media, ingat kalau kita datang dari orang biasa di dunia sosmed maka kesabaran serta konsistensi sangat dibutuhkan.

Jangan terlalu optimis berlebihan serasa sudah menjadi public figure, beda cerita kalau sudah terkenal asal bersuara di sosmed aja bisa jadi viral dengan cepat.

Berikut beberapa ringkasan algoritma sosiam media yang perlu diketahui :

Cara optimasi algoritma TikTok

Optimalisasi profil dan konten untuk netizen Gen-Z yang lebih memiliih mencari informasi dari TikTok & Instagram daripada Google, kita bisa menggunakan :

  1. Keyword kata kunci di baris nama (tidak lebih dari 30 karakter).
  2. Keyword dalam keterangan, tagar / hashtag, dan dalam konten video sebenarnya (berupa teks/suara).
  3. Gunakan hashtag antara tiga hingga lima tagar, usahakan mencakup hashtag keyword tren dan kata kunci spesifik.

Cara optimasi algoritma Instagram

Pengguna bisa menemukan produk dan layanan baru dengan mudah melalui platform sosmed Instagram, jadi kita bisa melakukan optimalisasi profil dan konten dengan cara ini :

  1. Menggunakan keyword kata kunci di samping nama (tidak lebih dari 64 karakter).
  2. Mencantumkan kata kunci di bagian bio profile Instagram.
  3. Posting konten gambar / reels lengkap dengan deskripsi serta hashtag yang relevan.
  4. Penggunaan jumlah hashtag tidak lebih dari 10, bisa mencampurnya dengan keyword trending dan spesifik yang relevan.
  5. Gunakan jenis postingan carousels dan reels untuk meningkatkan jangkauan traffic.

Cara optimasi algoritma Facebook

Raksasa sosial media Facebook memiliki rata - rata 2 miliar pencarian yang dilakukan setiap hari, kita bisa optimasi halaman profile dan konten dengan cara ini :

  1. Pilih kategori profile fanpage yang relevan, kalau untuk bisnis maka pilihlah kategori yang paling mendekati dengan bidang bisnis kita.
  2. Selalu menggunakan keyword kata kunci yang relevan dengan konten.
  3. Memilih gambar dan video yang mencerminkan target kata kunci relevan.
  4. Hashtag kata kunci juga diperlukan, tapi ini bukan cara terbaik untuk mendatangkan traffic di platform Facebook
  5. Konten adalah raja maka cobalah untuk posting konten video, karena konten jenis video biasanya mempunyai performa traffic yang lebih baik dalam jangkauan, interaksi, dan penelusuran.

Cara optimasi algoritma YouTube

Platform YouTube adalah mesin pencari terpopuler setelah Google, memiliki lebih banyak cara untuk dilakukan optimasi daripada platform sosmed lainnya.

  1. Gunakan keyword kata kunci sedekat mungkin dengan target keyword di bagian judul Konten (tidak lebih dari 45 karakter).
  2. Deskripsi bagian atas gunakan informasi singkat dan kata kunci utama, sedangkan deskripsi bagian bawah gunakan kata kunci tambahan yang relevan dengan kata kunci utama.
  3. Gunakan tag sebanyak 8 kata kunci.
  4. Hashtag bisa menggunakan kata kunci utama.
  5. Nama file video bisa copas dari judul konten.
  6. Menggunakan audio yang mengandung kata kunci.
  7. Mengaktifkan transkrip text secara otomatis.
  8. Sertakan kategori iklan.

Khusus publisher dan content creator yang lebih berfokus di informasi berjenis video maka perlu diketahui bahwa tren durasi video saat ini lebih ke arah video singkat atau pendek.

Oleh karena itu Facebook, Instagram, dan YouTube menyusul mengikuti tren video berdurasi pendek seperti yang ada di platform TikTok.

  • Facebook Reels
  • Instagram Reels
  • YouTube Short

Bukan berarti konten video berdurasi panjang tidak memiliki mangsa pasar, tapi berdasarkan tren yang ada saat ini bisa di ambil kesimpulan kalau video berdurasi pendek yang kurang dari 2 menit juga bisa menjadi viral.


Cara membuat strategi kata kunci di sosial media

Setelah kita mengetahui cara optimasi konten di setiap platform sosial media, berikutnya kita perlu membuat strategi kata kunci yang akan digunakan untuk publikasi konten di media sosial.

Kita harus memperhatikan 3 hal ini saat memilih kata kunci yang optimal untuk konten yang akan ditayangkan di media sosial, berikut 3 hal penting itu :

  1. Memaksimalkan konten menggunakan kata kunci yang sesuai untuk situs yang kita bangun.

    Analisa Hashtag Checker Meta Business Suite

    Kita dapat menyempurnakan keyword ini dari sugesti otomatis di setiap platform sosial media.

  2. Memastikan jumlah volume pencarian memakai tool SEO yang menyediakan data kata kunci yang sering digunakan pada jenis hasil carousel foto dan video.

    Alternatif cara lain untuk mengetahui jumlah volume pencarian di sosial media bisa melalui pencarian hashtag di platform Instagram, agar lebih mudah memantau volume pencarian hashtag di Instagram baca ini Situs Analisa Tren Hashtag Instagram

  3. Perhatikan keyword kata kunci yang akan digunakan memiliki relevansi dengan konten yang digunakan untuk menaikkan traffic situs kita dan calon pengunjung yang kita target.


Kesimpulan

Informasi pada artikel ini sangat relevan dengan kita yang ingin memulai mencari income tambahan dari dunia digital dengan menjadi content creator.

Baik itu pembuat konten berupa informasi tertulis seperti artikel pada halaman blog atau sosmed dan konten video pun juga disarankan untuk paham mengenai seluk beluk algoritma di setiap platform.

Asal bikin konten artikel atau video tanpa paham algoritma apakah tidak bisa?

Tentu saja sangat bisa namun hasil tetap akan berbeda dengan content creator yang juga mempelajari algoritma untuk bisa mempermudah mendatangkan visitor secara organik.

Selain mempelajari algoritma sosmed, satu hal yang sangat wajib untuk dipertahankan yaitu konsistensi mengingat tidak ada hasil yang bisa didapatkan secara instan tanpa usaha.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Ganti DNS di Windows 11 untuk Membuka Situs Terblokir

Cara Mengetahui Lokasi Foto

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8

Memahami Nomor Kode Penamaan Prosesor Intel

Situs Cek Nama Domain dan Akun Sosial Media

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Cara Memunculkan Shortcut Icon This PC dan Control Panel di Windows 11

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook

Paket Belangganan Tokopedia PLUS by GoTo untuk Pengguna