tempat berbagi informasi seputar dunia teknologi

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media


Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah pengguna yang menggunakan layanan marketplace online di Facebook ini juga tergolong banyak, sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat jual beli online alternatif selain marketplace yang memilki sistem pembayaran.

Berikut beberapa poin yang cukup menarik untuk diketahui seputar marketplace Facebook.

Jumlah pengguna yang banyak

Banyaknya jumlah pengguna ini sudah tidak mungkin bohong atau hoax, karena yang menggunakan marketplace ini adalah pemilik akun Facebook itu sendiri.

Jangan ditanya berapa jumlah pengguna aktif Facebook, pastinya negara Indonesia termasuk pengguna setia sosial media dengan simbol "F" itu.

Tapi perlu diketahui memang masih ada sebagian kecil akun pengguna yang masih belum bisa menggunakan layanan tersebut, lebih lengkapnya silahkan baca artikel berikut ini "Tidak bisa mengakses layanan marketplace Facebook".

Keamanan dan aksi sweeping pembersihan cukup ketat

Sektor kemanan disini yang dimaksud adalah Facebook sebagai penyedia media marketplace tersebut berusaha untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya untuk melakukan jual beli di layanan tersebut, salah satunya dengan aksi sweeping memblokir akun - akun yang berpotensi merusak ekosistem jual beli online tersebut.

Seiring perkembangan zaman yang membuat jual beli online semakin mudah, tentu masih ada oknum - oknum yang berusaha memanfaatkan celah untuk melakukan aksi penipuan atau tindakan kriminal dengan menjual barang terlarang / berbahaya.

Facebook sebagai pemilik tempat jual beli tersebut tentu tidak ingin wilayahnya dijadikan sebagai sarana penjualan barang - barang terlarang dan aksi penipuan.

Terhubung dengan grup Facebook jual beli

Poin ini menurut saya kekuatan yang dimiliki oleh marketplace Facebook yaitu jaringan yang menghubungkan ke grup - grup Facebook yang memiliki tipe grup jual beli (karena ada grup dengan tipe komunitas saja).

Group Facebook ibarat sebuah forum kecil dan di dalamnya ada konten atau thread yang dibuat oleh anggota group tersebut.

Nah jadi bisa kebayang ya dengan terhubungnya marketplace dan group jual beli maka akan sangat mudah sekali kita memposting barang / jasa yang kita tawarkan langsung menuju forum jual beli, tentunya pilih forum yang relevan dengan apa yang kita tawarkan.

Kesimpulan

Perubahan perilaku pedagang dan konsumen saat ini membuat aktifitas jual beli online menjadi semakin diminati.

Perusahaan - perusahaan besar pun turut berlomba - lomba menyediakan wadah, salah satunya adalah Facebook dengan fiturnya "Marketplace".

Sebetulnya bukan hal baru tapi menurut saya fitur dari Facebook ini sangat membantu bagi kita yang sering melakukan kegiatan jual beli online, terutama untuk yang memerlukan channel / jaringan yang lebih luas lagi.

Selain memanfaatkan jaringan dari marketplace Facebook, bagi pihak penjual / pedagang jangan lupa untuk memiliki halaman fanpage di Facebook juga agar calon customer lebih mudah menemukan toko online kita untuk kedepannya.

Baca juga : Cara optimalisasi akun fanpage Facebook

Sampai disini dulu artikel penjelasan mengenai tempat jual beli online di Facebook.

Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh : Techrevolution90

No comments:

Post a Comment

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Berdiskusilah dengan bijak.
3. Dilarang SPAM.
4. Dilarang SARA.
5. Dilarang menuliskan tautan link.

Featured Post

Marketplace Facebook Tempat Jual Beli Online Berbasis Sosial Media

Apabila anda adalah seorang pebisnis online di bidang perdagangan maka tempat jual beli online di Facebook ini wajib anda gunakan. Jumlah p...