Berapa Margin Profit Keuntungan dari Bisnis Dropship ?

Berapa Margin Profit Keuntungan dari Bisnis Dropship


Bisnis online dengan strategi dropship adalah model usaha yang sangat fleksibel dan bebas. Bebas di sini dalam artian cara menjalankannya bisa disesuaikan dengan cara hidup masing - masing. Pemain bisnis ini tidak terikat waktu dan tempat untuk memulai serta mengelolanya.

TAPI modal masih harus tetap ada, seperti modal awal perangkat komunikasi smartphone lengkap dengan pulsa beserta paket internet. 

Apabila ada modal lebih seperti laptop atau notebook juga lebih bagus, karena pekerjaan online terkadang ada yang lebih mudah dikerjakan melalui perangkat elektronik yang lebih besar.

Lantas apakah margin atau selisih keuntungan dari dropshipping sangat menggiurkan?

Tentu kalau berbicara soal besar kecil profit dari sebuah bisnis itu tidak ada angka yang pasti, sangat banyak sekali faktor yang menentukan hal tersebut.

Mulai dari supplier atau produsen tempat kita mengambil barang hingga kondisi harga pasaran secara real akan berdampak pada nominal harga jual barang.

Terkecuali apabila menjual produk yang supply sedikit alias langka dan demand permintaan tinggi, serta penjualnya terbatas maka bisa di prediksi margin keuntungan akan lebih longgar.

Pemahaman mengenai supply dan demand termasuk hal paling mendasar dalam ilmu ekonomi yang pastinya juga diajarkan di sekolah.

Demand tinggi sedangkan supply rendah, maka terjadi kelangkaan dan akan menyusul harga naik.

Apabila supply tinggi dan demand lebih rendah, terjadi kelebihan stok di pasar dan harga pasaran pasti akan bergerak turun.



Kesimpulan


Tips Menentukan Profit Margin Keuntungan Bisnis Dropship


Agar lebih mudah menentukan berapa profit keuntungan jualan secara dropship, bisa dengan cara melihat harga pasaran dari produk yang seragam atau dalam satu kategori.

Berbeda dengan berjualan produk hasil sendiri atau produk langka dengan seller terbatas, kita masih bisa menggunakan perhitungan persentase untuk menentukan profit.

TAPI kalau tetap ingin menggunakan perhitungan persentase dari harga modal tentu lebih baik, setidaknya kita akan tahu berapa persen keuntungan yang di dapat dengan kondisi harga pasar saat itu.

Apabila keuntungan hampir mendekati bunga simpanan deposito tertinggi, maka sangat disarankan untuk melakukan diversifikasi produk yang lebih bervariasi.

Sebatas untuk informasi saja data bunga simpanan di bank Indonesia pada September 2020 bisa baca di artikel ini "Bunga Simpanan Bank di Indonesia September 2020".

Jadi khusus bisnis perdagangan jangan terlalu terfokus menentukan persentase keuntungan terlebih dahulu sebelum menganalisa harga pasar, selalu untuk membiasakan melihat sekitar dengan beberapa sudut pandang.

Semoga artikel ini sedikit banyak memberikan gambaran dan informasi untuk kita yang sedang mencoba berjualan online dengan metode dropship.

Artikel ini ditulis oleh : 

Comments

Popular posts from this blog

Tidak Bisa Masuk dan Mengakses Marketplace Facebook

Penjual Akun dan Jasa Fake Order Marketplace Lokal Indonesia

Shopee Bisa Menonaktifkan Fitur Metode Pembayaran COD Bagi Pembeli Usil

Kurir Jasa Pengiriman Paling Aman Khusus Dropship di Marketplace Tokopedia dan Bukalapak

Strategi Dropship Mengatasi Masalah Resi Otomatis Marketplace Indonesia

Cara Memunculkan My Computer di Windows 10

Optimalisasi Akun Facebook Page

Biaya Transaksi di Beberapa Dompet Digital OVO, DANA, dan DOKU

Update Pembaruan Informasi Biaya 3% Layanan Super Seller Bukalapak

Cara Menghilangkan Login di CorelDraw X8